• 3. Selasa, 26 Maret 2024


    Tuesday diturunkan dari kata Tiw dan Day. Menurut interpretatio romana dan interpretation germanica, Tiw disamakan dengan Ares (Yunani) dan Mars (Romawi).

    Mars adalah planet terkecil kedua setelah Merkurius dalam sistem Tata Surya kita. Kondisi geografis di Mars mirip dengan bumi sebelum kemunculan mahluk hidup ber-sel satu, ganggang atau alga. Rotasi dan sumbu Mars yang identik dengan bumi menyebabkan Mars memiliki musim dengan periode yang sama dengan bumi.

    Akan tetapi, gaya gravitasi di Mars hanya 1/3 bumi dan tekanan udaranya sangat kecil sehingga menyebabkan udara menjadi tipis dan air hanya bisa diperoleh dalam bentuk padat/es, tidak bisa berwujud cair. Kandungan udara di Mars hampir seluruhnya didominasi oleh karbon dioksida, tetapi tanahnya mengandung nutrisi yang memenuhi syarat untuk menumbuhkan tanaman. Suhu di Mars berkisar antara -100oC sampai 30oC

    Mars memiliki permukaan yang aktif sehingga terdapat gempa di sana. Gunung tertinggi di Mars, yaitu Puncak Olympus, merupakan gunung tertinggi di Tata Surya kita. Di Mars juga terdapat lembah tebing yang lebar dan tinggi sehingga tampak jelas terlihat pada teleskop layaknya luka goresan permukaan planet.

    Mars mempunyai 2 (dua) bulan yang tidak berbentuk bulat, namun berbentuk bongkahan batu, bernama Phobos dan Deimos. Orbit Mars terhadap matahari berbentuk elips.

  • Jum'at, 22 Maret 2024

  • Senin, 25 Maret 2024

  • Rabu, 27 Maret 2024

  • Kamis, 28 Maret 2024