Skip to main content
LMS Smechatwolasma
  • Home
  • Blog
  • Profile
  • Grade
  • More
English ‎(en)‎
Bahasa Indonesia ‎(id)‎ English ‎(en)‎
Log in
LMS Smechatwolasma
Home Blog Profile Grade
Expand all Collapse all
  1. [2024.INF.E.PPLG] Informatika PPLG 2024/2025
  2. Berpikir Komputasional (Computational Thinking)
  3. Latihan Abstraksi

Latihan Abstraksi

Completion requirements
Make a submission
Opened: Wednesday, 24 July 2024, 12:00 AM
Due: Wednesday, 31 July 2024, 12:00 AM

Bayangkan...

Kamu dan teman-temanmu ingin membuat aplikasi keren untuk memesan makanan secara online! Kalian sudah punya ide tentang fitur-fiturnya:

  • Menu Makanan: Di sini, pengguna bisa melihat daftar makanan yang tersedia, lengkap dengan gambar yang menggugah selera, deskripsi singkat, dan tentu saja, harganya.
  • Keranjang Belanja: Setelah memilih makanan, pengguna bisa menambahkannya ke keranjang belanja. Mereka juga bisa melihat total harga pesanan mereka di sini.
  • Pembayaran: Setelah selesai memilih, pengguna bisa langsung membayar pesanan mereka. Kalian akan menyediakan beberapa pilihan metode pembayaran, seperti transfer bank atau e-wallet.
  • Riwayat Pesanan: Pengguna juga bisa melihat daftar pesanan mereka sebelumnya, siapa tahu mereka ingin memesan menu yang sama lagi!

Sekarang, saatnya berpikir seperti seorang programmer!

  1. Objek-objek Penting:

    • Makanan: Apa saja informasi penting yang harus ada tentang setiap makanan? Apakah kita perlu tahu warna kemasannya? Atau cukup nama, deskripsi, harga, dan gambar saja?
    • Keranjang Belanja: Informasi apa yang harus disimpan di keranjang belanja? Apakah kita perlu tahu tanggal lahir pengguna yang memesan?
    • Pengguna: Apa saja data penting yang harus kita simpan tentang pengguna? Apakah kita perlu tahu warna kesukaan mereka?

  2. Proses-proses Utama:

    • Menambahkan Makanan ke Keranjang: Bagaimana cara kita membuat proses ini semudah mungkin bagi pengguna? Apakah kita perlu menampilkan animasi keren saat makanan masuk ke keranjang?
    • Menghitung Total Harga: Bagaimana cara kita menghitung total harga pesanan dengan cepat dan akurat? Apakah kita perlu menggunakan rumus matematika yang rumit?
    • Memproses Pembayaran: Bagaimana cara kita memastikan proses pembayaran aman dan nyaman bagi pengguna? Apakah kita perlu membuat sistem keamanan sendiri?

  3. Membuatnya Sederhana:

    • Bisakah kamu membuat daftar langkah-langkah sederhana untuk setiap proses yang terjadi dalam aplikasi? Misalnya, langkah-langkah untuk menambahkan makanan ke keranjang:
      1. Pengguna klik tombol "Tambah ke Keranjang".
      2. Aplikasi menambahkan makanan ke keranjang belanja.
      3. Aplikasi memperbarui tampilan keranjang belanja.
    • Bisakah kamu membuat "peta konsep" atau diagram sederhana untuk menunjukkan hubungan antara objek-objek dan proses-proses dalam aplikasi?

Tujuan Kita:

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan membuat abstraksi yang tepat, kamu dan teman-temanmu akan bisa merancang aplikasi pemesanan makanan yang mudah digunakan, efisien, dan tentunya, sukses besar! Selamat berkreasi!

◄ Abstraksi: Menyederhanakan Hal yang Rumit untuk Fokus pada yang Penting
Pengenalan Pola: Menemukan Keteraturan dalam Kehidupan Sehari-hari dan Dunia Digital ►
You are currently using guest access (Log in)
Data retention summary
Get the mobile app
Powered by Moodle