UTS PRAKTIK
buat latar game menggunakan RPG MAKER
Desain Latar (Background)
1. Tema Visual
-
Gaya: 2D kartun, sederhana & colorful → ramah untuk semua umur.
-
Waktu: Siang hari di kebun apel.
-
Elemen latar:
-
Langit biru cerah dengan awan.
-
Pepohonan apel di bagian atas (tempat apel jatuh).
-
Tanah/lantai tempat keranjang berada.
-
Mungkin ada pagar atau rumput sebagai hiasan.
-
2. Layering (Jika pakai parallax):
-
Latar belakang: langit + awan.
-
Tengah: pohon.
-
Depan: tanah tempat keranjang berdiri.
📌 Tools yang bisa kamu pakai: Photoshop, Aseprite, atau ambil aset dari situs gratis kayak Kenney.nl atau itch.io assets.
🎭 Desain Aktor (Karakter/Game Object)
Dalam game ini, “aktor” berarti semua objek yang berinteraksi atau tampil di layar. Termasuk pemain, objek jatuh, dan UI.
1. Pemain (Player) – Keranjang
-
Bentuk: Keranjang rotan atau ember kecil.
-
Fungsi: Menangkap apel.
-
Animasi (opsional): Sedikit goyang saat bergerak.
2. Objek Jatuh – Apel
-
Bentuk: Apel merah (bisa nanti ditambah variasi – apel hijau, busuk, atau bom).
-
Fungsi: Menambah skor jika tertangkap.
-
Animasi: Jatuh lurus ke bawah dengan sedikit rotasi.
3. Tanah (Ground)
-
Fungsi: Tempat apel “jatuh” kalau nggak tertangkap.
-
Bentuk: Tanah coklat polos atau bertekstur rumput.
4. UI (User Interface)
-
Skor: Posisi pojok kiri atas.
-
Nyawa: Bisa pakai ikon hati (❤️❤️❤️).
-
Tombol: Mulai ulang, kembali ke menu, dsb.
5. Tambahan (opsional)
-
Efek suara (SFX):
-
Suara “pop” pas apel ditangkap.
-
Suara “ouch” pas apel jatuh.
-
-
Efek visual:
-
Partikel kecil (sparkle) pas menangkap apel.
-