Latihan Pengenalan Pola
Misteri Pola Angka Hilang
Pak Guru Matematika menuliskan deret angka di papan tulis:
2, 4, 8, 16, ...
"Anak-anak," kata Pak Guru, "ada angka yang hilang dalam deret ini. Bisakah kalian menemukannya?"
Semua siswa mulai berpikir keras. Beberapa siswa mencoba menjumlahkan angka-angka, ada yang mencoba mengalikan, tapi tidak ada yang menemukan jawabannya.
"Coba perhatikan baik-baik," Pak Guru memberi petunjuk. "Ada pola tersembunyi di balik deret angka ini."
Pertanyaan Pemandu:
-
Apa pola yang kamu lihat dalam deret angka tersebut?
- Apakah angka-angka bertambah dengan jumlah yang sama?
- Apakah ada operasi matematika yang dilakukan pada setiap angka untuk mendapatkan angka berikutnya?
-
Bagaimana kamu bisa menggunakan pola yang kamu temukan untuk mencari angka yang hilang?
- Apakah kamu bisa menuliskan rumus untuk menggambarkan pola tersebut?
- Jika kamu tahu rumusnya, bagaimana kamu bisa menggunakannya untuk menghitung angka yang hilang?
-
Apakah ada cara lain untuk menemukan angka yang hilang selain menggunakan rumus?
- Bisakah kamu menemukan jawabannya dengan mencoba-coba beberapa angka?
- Bisakah kamu membuat tabel atau diagram untuk membantu kamu melihat polanya?
Tantangan Tambahan:
Setelah kamu menemukan angka yang hilang, coba teruskan deret angka tersebut dengan tiga angka berikutnya. Apa pola yang kamu lihat dalam deret yang sudah lengkap?
Tujuan Latihan:
Latihan ini bertujuan untuk melatih kemampuan siswa dalam:
- Mengenali pola: Mengidentifikasi keteraturan dalam deret angka.
- Berpikir logis: Menggunakan pola yang ditemukan untuk memecahkan masalah.
- Berpikir kreatif: Mencari cara-cara alternatif untuk menemukan solusi.
- Menerapkan konsep matematika: Menggunakan rumus atau operasi matematika untuk menghitung angka yang hilang.