TUGAS P5 RAPAT
Completion requirements
Make a submission
Opened: Friday, 23 August 2024, 12:00 AM
Due: Friday, 30 August 2024, 12:00 AM
Studi Kasus: Pemilihan Ketua Kelas di Kelas 11B
Latar Belakang
Di kelas 11B, pemilihan ketua kelas akan segera dilaksanakan. Tiga calon kandidat telah mengajukan diri: Alex, Bella, dan Carla. Masing-masing kandidat memiliki strategi kampanye yang berbeda dan dukungan dari kelompok teman yang berbeda.
- Alex: Dikenal sebagai siswa yang rajin dan berprestasi. Dia menjanjikan program-program untuk meningkatkan prestasi akademik dan pengelolaan kelas yang lebih terstruktur.
- Bella: Dikenal karena sifatnya yang ramah dan kepemimpinan yang baik dalam kegiatan ekstrakurikuler. Dia menawarkan program-program sosial dan rekreasi untuk meningkatkan semangat kelas.
- Carla: Seorang siswa yang kreatif dengan banyak ide untuk kegiatan kelas. Dia berfokus pada meningkatkan kreativitas dan membuat kelas lebih menyenangkan dengan berbagai acara dan lomba.
Proses Pemilihan
Setiap siswa di kelas 11B akan memberikan satu suara untuk memilih salah satu dari tiga calon ketua kelas. Pemilihan dilakukan secara tertutup dan berlangsung selama 30 menit. Setelah pemungutan suara selesai, hasilnya adalah sebagai berikut:
- Alex: 12 suara
- Bella: 8 suara
- Carla: 6 suara
Alex terpilih sebagai ketua kelas dengan jumlah suara terbanyak.
Pertanyaan Studi Kasus
-
Analisis Pemilihan:
- a. Apa faktor utama yang membuat Alex memenangkan pemilihan ketua kelas?
- b. Bagaimana perbedaan strategi kampanye antara Alex, Bella, dan Carla mempengaruhi hasil pemilihan?
- c. Apa kemungkinan alasan mengapa Carla memperoleh jumlah suara paling sedikit?
-
Evaluasi Dampak:
- a. Apa dampak positif yang diharapkan dari terpilihnya Alex sebagai ketua kelas?
- b. Apa tantangan yang mungkin dihadapi Alex dalam menjalankan program-program yang dijanjikannya?
- c. Bagaimana reaksi Bella dan Carla terhadap hasil pemilihan dapat mempengaruhi dinamika kelas?
-
Strategi Pemilihan:
- a. Jika Anda adalah Bella atau Carla, apa yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda dalam pemilihan selanjutnya?
- b. Bagaimana cara Anda bisa memanfaatkan hasil pemilihan ini untuk meningkatkan keterlibatan dan kerjasama di kelas?
-
Refleksi Kelas:
- a. Apa yang bisa dipelajari dari proses pemilihan ini mengenai preferensi dan harapan siswa dalam memilih pemimpin mereka?
- b. Bagaimana pemilihan ketua kelas ini dapat membantu dalam membangun atmosfer yang lebih baik di kelas?