Menganalisis spesifikasi produk dari sebuah aplikasi atau game yang sudah ada
Completion requirements
Make a submission
Opened: Monday, 28 April 2025, 12:00 AM
Due: Friday, 2 May 2025, 12:00 AM
Peserta didik membuat analisis spesifikasi produk dari aplikasi atau game yang sudah ada, dengan mempertimbangkan aspek di bawah ini:
-
Fungsionalitas (Functionality):
- Fitur-fitur utama apa saja yang harus dimiliki produk?
- Bagaimana interaksi pengguna dengan produk? (User Interface/UI dan User Experience/UX)
- Alur kerja (workflow) aplikasi atau game.
- Logika bisnis atau gameplay.
-
Kinerja (Performance):
- Seberapa cepat produk harus merespons permintaan pengguna? (Response time)
- Berapa banyak pengguna atau data yang dapat ditangani secara bersamaan? (Scalability)
- Seberapa efisien penggunaan sumber daya (CPU, memori, baterai)?
- Frame rate yang diharapkan untuk game.
-
Keamanan (Security):
- Bagaimana data pengguna akan dilindungi? (Enkripsi, otentikasi)
- Apakah ada potensi kerentanan terhadap serangan siber?
- Bagaimana izin akses pengguna akan dikelola?
-
Kegunaan (Usability):
- Seberapa mudah produk dipelajari dan digunakan oleh target pengguna?
- Apakah navigasi dalam aplikasi atau game intuitif?
- Apakah desain visual menarik dan tidak membingungkan?
- Aksesibilitas untuk pengguna dengan kebutuhan khusus.
-
Keandalan (Reliability):
- Seberapa sering produk mengalami error atau kegagalan?
- Bagaimana mekanisme pemulihan jika terjadi masalah?
- Seberapa stabil produk dalam penggunaan jangka panjang?
-
Kompatibilitas (Compatibility):
- Platform apa saja yang harus didukung oleh produk (Windows, macOS, Android, iOS, web browser, konsol game)?
- Versi sistem operasi atau perangkat keras minimum yang dibutuhkan.
- Kompatibilitas dengan perangkat atau software lain.
-
Pemeliharaan (Maintainability):
- Seberapa mudah kode program dipahami, dimodifikasi, dan diperbaiki?
- Bagaimana proses pembaruan (update) produk akan dilakukan?
- Dokumentasi teknis yang memadai.
-
Portabilitas (Portability):
- Seberapa mudah produk dapat diadaptasi ke platform lain? (Jika relevan)
-
Estetika dan Desain (Aesthetics and Design): (Khususnya untuk Game dan Aplikasi dengan fokus visual)
- Gaya visual yang diinginkan.
- Kualitas grafis dan animasi.
- Desain karakter dan lingkungan.
- Desain antarmuka pengguna (UI) yang menarik dan fungsional.
-
Monetisasi (Monetization): (Khususnya untuk Game dan Aplikasi yang bertujuan komersial)
- Model bisnis yang akan digunakan (misalnya, pembelian langsung, freemium, iklan, langganan).
- Bagaimana fitur-fitur premium akan diimplementasikan (jika ada).