Project Pong

pong-1 (“The Low-Res Update”)

Versi pong-1 menampilkan perilaku yang sama dengan pong-0, namun dengan text yang lebih "blur".

link kode program: https://github.com/listyantidewi1/pong/tree/master/pong-1

Fungsi-Fungsi Penting

  • love.graphics.setDefaultFilter(min, mag) digunakan untuk mengatur filter texture scaling ketika me-minimize dan membesarkan (magnifiy) tekstur serta font. Filter default dari LOVE adalah bilinear, yang menyebabkan blur. Namun pada project ini kita akan menggunakan nearest neighbor filtering, yang menghasilkan effect retro.

  • love.keypressed(key) digunakan untuk mengeksekusi kode program tertentu jika suatu key pada keyboard ditekan.
  • love.event.quit() digunakan untuk terminasi program.

Kode Program Penting

  • Saat Anda membuka pong-1, anda dapat menemukan library push. Library tersebut akan digunakan sebagai library external, dan dipanggil dari dalam file main.lua. Untuk melakukan import file di Lua, Anda dapat menggunakan kata kunci require selama file yang akan diimport berada pada directory yang sama.
  • Kita juga menambahkan dua variabel baru, yaitu VIRTUAL_WIDTH dan VIRTUAL_HEIGHT, sehingga game akan mengira bahwa dimensi window-nya adalah 432x432 meskipun di layar secara fisik tetap berukuran 1280x720. 

    Untuk mengimplementasikannya, maka fungsi love.load() diubah menjadi:

  • Kita juga menambahkan mekanisme untuk keluar dari game, sebagai berikut:

  • Kita memodifikasi love.draw() untuk mengintegrasikan library push, sehingga teks di-render pada resolusi virtual yang kita definisikan sebelumnya.

  • Amati bahwa teks "Hello Pong!" menjadi lebih besar ukurannya, dan lebih kecil resolusinya.

Page 3
21.428571428571% complete