Pengantar Blender

Pengantar Workspace Blender

Workspace adalah preset dari susunan beberapa macam Area pada windows. Blender sendiri sudah menyediakan beberapa default preset sesuai kebutuhan pengguna aplikasi. Gambar di bawah menunjukan default preset yang telah disediakan Blender. 

workspace 

Dalam pembahasan ini, kita hanya akan membahas workspace yang berkaitan dengan proses modeling karakter low poly 3D. 


3.1. Workspace

Modeling Workspace 
Workspace ini digunakan untuk membuat model 3D. Workspace ini yang akan sering kita gunakan saat pertama kali membuat model. Workspace ini hanya terdiri dari 3 area, yaitu 3D Viewport yang juga sekaligus area terbesar, Outliner di kanan atas, dan Properties di sisi kanan. 

3D Viewport sendiri adalah area dimana tampilan model 3D berada, sekaligus area untuk berinteraksi secara langsung dengan model 3D. Sedangkan Outliner adalah area yang berisi list data – data apa saja yang ada di file Blender ini, seperti list objek, list Blender file seperti animasi, teksture, dan semacamnya. Untuk Properties adalah semua data konfigurasi yang berkaitan dengan file Blender atau objek yang ada di file Blender tersebut. 
 

UV Editing Workspace 
Workspace ini digunakan pada proses UV Mapping. Area yang ditampilkan sama dengan Modeling Workspace, dengan tambahan area UV Editor, dimana kita dapat meng-edit tampilan UV yang telah kita buat. 
 

Texture Painting Workspace 
Workspace ini digunakan dalam proses membuat atau meng-edit gambar tekstur model 3D. Tampilannya sama dengan UV Editing, namun area UV Editor diganti dengan Image Editor. Mengapa tampilan model 3D pada area 3D Viewport menjadi warna pink keunguan, akan dijelaskan pada materi selanjutnya. 
 

Untuk memudahkan proses pengerjaan, ada baiknya kita menggunakan preset yang telah disediakan Blender. Namun jika dirasa preset tersebut masih kurang, kita juga dapat mengedit dan menambahkan sendiri area yang kita inginkan.


3.2. Area

Area adalah tampilan pada Blender yang akan jadi interface utama bagi user untuk berinteraksi dengan program Blender. Untuk pengenalan area, tutorial ini hanya akan membahas area yang berhubungan langsung dengan proses pembuatan model 3D. 

Pada pembahasan sebelumnya kita telah dikenalkan dengan sebagian dari jenis area yang ada di Blender. Dibawah kita akan mengenal lebih dalam peran dari masing – masing area tersebut. 


3D Viewport Area 

3D viewport adalah area dimana kita berinteraksi langsung dengan model 3D. Tampilan area 3D Viewport adalah seperti gambar di bawah ini. 
 

Pada 3D Viewport, kita bisa menavigasi ruang 3D dengan menggunakan mouse, atau dengan tombol – tombol yang ada di kanan atas. Cara menavigasi dengan mouse adalah: 

  • Right Click, untuk menyeleksi objek 

  • Left Click, untuk menempatkan 3D cursor pada viewport 

  • Middle Mouse Click, untuk merotasi view, 

  • Shift + Middle Mouse Click, untuk menggeser view dan juga sumbu rotasi view, 

  • Ctrl + Middle Mouse Click, untuk zoom in atau zoom out view, 

  • Alt + Middle Mouse Click, untuk memfokuskan view pada kursor mouse saat Middle Mouse Click ditekan. 


Page 3
42.857142857143% complete