Game Loop
Completion requirements
Gambar diambil dari gameprogrammingpatterns.com/game-loop.html
Sebuah game pada dasarnya adalah perulangan tanpa batas (infinite loop). Seperti while(true) atau while(1). Pada setiap iterasinya, game melakukan langkah-langkah berikut ini:
- Pertama: Pemrosesan input. Contoh: terus menerus memeriksa apakah pemain telah menekan tombol tertentu pada keyboard, menggerakkan joystick, meng-klik mouse, dll?
- Kedua: melakukan respon terhadap input yang masuk dengan cara meng-update apapun di dalam game yang bergantung pada input tersebut. Contoh: melacak pergerakan, mendeteksi tabrakan (collision), dll.
- Ketiga: menampilkan (render) apapun yang telah di-update dalam langkah sebelumnya, sehingga pemain dapat melihat secara visual di layar bahwa game tersebut telah berubah sehingga pemain dana merasakan adanya interaktivitas.
Last modified: Monday, 10 April 2023, 11:37 AM