Unit 1: Dasar-Dasar Pemrosesan Data dan Komputasi

  • ATP 1.1: Peserta didik dapat menjelaskan konsep data, informasi, dan pengetahuan, serta membedakan jenis-jenis data (numerik, teks, dll.).
  • ATP 1.2: Peserta didik dapat menjelaskan konsep validitas data dan sumber data, serta mengidentifikasi kriteria data yang valid dan sumber data yang terpercaya.
  • ATP 1.3: Peserta didik dapat menjelaskan model komputasi Von Neumann (input, proses, output, penyimpanan), serta peran sistem operasi dalam mengelola sumber daya komputer.
  • ATP 1.4: Peserta didik dapat menyimulasikan dinamika input-proses-output dalam komputer sederhana, baik secara manual maupun dengan bantuan alat bantu visual.

Unit 2: Pengantar Algoritma

  • ATP 2.1: Peserta didik dapat menjelaskan konsep algoritma dan memberikan contoh algoritma sederhana (pencarian, pengurutan).
  • ATP 2.2: Peserta didik dapat menuliskan algoritma sederhana dalam bentuk pseudocode.
  • ATP 2.3: Peserta didik dapat menganalisis kompleksitas waktu (time complexity) dari algoritma sederhana.

Unit 3: Algoritma Lanjutan

  • ATP 3.1: Peserta didik dapat menuliskan algoritma yang efisien, efektif, dan optimal untuk menyelesaikan permasalahan yang lebih kompleks.
  • ATP 3.2: Peserta didik dapat menganalisis kompleksitas waktu dan ruang (time and space complexity) dari algoritma yang lebih kompleks.
  • ATP 3.3: Peserta didik dapat menerapkan teknik optimasi algoritma untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja.

Unit 4: Strategi Algoritmik

  • ATP 4.1: Peserta didik dapat menjelaskan berbagai strategi algoritmik (divide and conquer, greedy, dynamic programming, dll.) dan memberikan contoh penerapannya.
  • ATP 4.2: Peserta didik dapat menganalisis persoalan dan menghasilkan beberapa alternatif solusi menggunakan strategi algoritmik yang berbeda.
  • ATP 4.3: Peserta didik dapat memberikan justifikasi mengenai efisiensi, kelebihan, dan keterbatasan dari setiap alternatif solusi yang dihasilkan.

Unit 5: Pemrosesan Data dan Analisis

  • ATP 5.1: Peserta didik dapat menerapkan proses untuk mendapatkan data yang bersih, benar, dan terpercaya dari berbagai sumber, termasuk pembersihan data (data cleaning) dan validasi data.
  • ATP 5.2: Peserta didik dapat mengidentifikasi pola dan tren dalam himpunan data menggunakan teknik analisis data sederhana.
  • ATP 5.3: Peserta didik dapat memvisualisasikan data menggunakan grafik dan diagram yang sesuai.

Unit 6: Pengantar Struktur Data

  • ATP 6.1: Peserta didik dapat menjelaskan konsep struktur data dan memberikan contoh struktur data sederhana (array, list, stack, queue).
  • ATP 6.2: Peserta didik dapat menerapkan operasi dasar pada struktur data sederhana (menambah, menghapus, mencari elemen).
  • ATP 6.3: Peserta didik dapat membandingkan kelebihan dan kekurangan berbagai struktur data dalam konteks permasalahan tertentu.

Unit 7: Penerapan Struktur Data dan Algoritma

  • ATP 7.1: Peserta didik dapat memilih struktur data yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang mengandung himpunan data berstruktur kompleks.
  • ATP 7.2: Peserta didik dapat menerapkan algoritma standar (pencarian, pengurutan, dll.) pada struktur data yang sesuai.
  • ATP 7.3: Peserta didik dapat memodifikasi dan mengadaptasi algoritma standar untuk menyelesaikan permasalahan yang lebih spesifik.
  • ATP 7.4: Peserta didik dapat menuliskan solusi rancangan program sederhana dalam bentuk pseudocode yang mendekati bahasa pemrograman, berdasarkan struktur data dan algoritma yang telah dipilih.

Unit 8: Struktur Data Lanjutan

  • ATP 8.1: Peserta didik dapat menjelaskan konsep struktur data yang lebih kompleks dan abstrak (tree, graph, heap, dll.).
  • ATP 8.2: Peserta didik dapat merancang dan mengimplementasikan struktur data yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan yang lebih kompleks.
  • ATP 8.3: Peserta didik dapat memilih dan menerapkan solusi terbaik, paling efisien, dan optimal dengan merancang struktur data yang tepat.

Unit 9: Alur Pengembangan Program dan Teknologi Digital

  • ATP 8.1: Peserta didik dapat menjelaskan tahapan dalam alur pengembangan program (SDLC/PDLC), mulai dari analisis kebutuhan hingga pengujian dan pemeliharaan.
  • ATP 8.2: Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai metodologi pengembangan program (Waterfall, Agile, dll.) dan menjelaskan kelebihan serta kekurangannya.
  • ATP 8.3: Peserta didik dapat menjelaskan konsep produk teknologi digital dan memberikan contoh produk teknologi digital yang relevan.

Unit 10: Jaringan Komputer

  • ATP 10.1: Peserta didik dapat menjelaskan berbagai model jaringan komputer (LAN, WAN, MAN, client-server, peer-to-peer).
  • ATP 10.2: Peserta didik dapat menjelaskan protokol jaringan dasar (TCP/IP, HTTP, FTP, dll.).
  • ATP 10.3: Peserta didik dapat melakukan pengiriman data antarperangkat dalam jaringan komputer dan melakukan troubleshooting permasalahan jaringan sederhana.
Terakhir diubah: Jumat, 19 Juli 2024, 08:16