• Seiring dengan pseudocoding, abstraksi adalah keterampilan dan konsep penting dalam pemrograman komputer.
  • Abstraksi adalah tindakan menyederhanakan masalah menjadi masalah yang lebih kecil dan lebih kecil lagi.
  • Misalnya, jika Anda mengadakan makan malam besar untuk teman-teman Anda, masalah yang timbul karena harus memasak seluruh makanan bisa sangat membuat kewalahan! Namun, jika Anda memecah tugas memasak makanan menjadi tugas (atau masalah) yang lebih kecil dan lebih kecil lagi, tugas besar untuk membuat makanan lezat ini mungkin terasa lebih mudah.
  • Dalam pemrograman, dan bahkan dalam Scratch, kita dapat mengamati bagaimana abstraksi sangat membantu. Di area pemrograman Scratch Anda, susunlah program sebagai berikut:

    Amati bahwa blok kode warna ungu atau function "play sound", diulang sebanyak 3x. Anda dapat menyederhakan atau melakukan abstraksi untuk kode program repetitif di atas menjadi sebagai berikut:

  • Amati bahwa kedua program tersebut memiliki hasil yang sama, namun program yang kedua lebih ringkas, karena abstraksi dilakukan untuk menyederhanakan bagian program yang berulang.
  • Kita bahkan dapat memodifikasi program ini lebih jauh dengan menggunakan blok define, di mana Anda dapat membuat blok Anda sendiri (fungsi Anda sendiri)! Tulis kode sebagai berikut:

  • Kemudian, tambahkan blok berikut:

  • Perhatikan bahwa kita mendefinisikan blok kita sendiri yang disebut "meow". Fungsi "play sound" memainkan suara mengeong, lalu menunggu satu detik. Di bawahnya, Anda dapat melihat bahwa ketika bendera hijau diklik, fungsi meow diulang sebanyak tiga kali.
  • Kita bahkan dapat menyediakan cara dimana fungsi menggunakan input n dan melakukan perulangan sebanyak n kali:

    Perhatikan bagaimana n diambil dari sebuah nilai input.
  • Ngomong-ngomong, karakter kucing bisa kita sebut sprite – istilah umum yang digunakan dalam pemrograman game untuk objek atau karakter di layar yang akan berinteraksi dengan pemain.

Last modified: Tuesday, 18 July 2023, 1:24 PM