• Pada sesi sebelumnya, kita belajar tentang Scratch, sebuah bahasa pemrograman visual.
  • Semua konsep penting pemrograman yang disajikan di Scratch akan digunakan saat Anda mempelajari cara memprogram menggunakan bahasa pemrograman apa pun.
  • Ingat-ingatlah bahwa mesin atau komputer hanya memahami bahasa mesin yang direpresentasikan dalam bentuk bilangan biner. Sedangkan kita, selaku programmer, menulis kode bahasa pemrograman yang hanya dapat dibaca dan dimengerti oleh manusia. 
  • Kita dapat mengonversi kode program menjadi bahasa mesin menggunakan perangkat lunak yang sangat khusus, yang disebut kompiler. Hari ini, kita akan berkenalan dengan kompiler yang memungkinkan Anda mengonversi kode program dalam bahasa  C menjadi kode mesin.
  • Hari ini, selain belajar cara membuat kode program, Anda juga akan belajar cara menulis kode program yang baik.
  • Kode dapat dievaluasi pada tiga hal. Pertama: kebenaran, mengacu pada "apakah kode berjalan sebagaimana dimaksud?" Kedua, desain, mengacu pada "seberapa baik kode tersebut dirancang? Apakah kode program dirancang dengan ringkas?" Ketiga, style, mengacu pada "seberapa estetis dan konsisten kode programnya?". Style juga meliputi tata tulis, indentasi, penamaan variabel, dan semantik.

Terakhir diubah: Kamis, 20 Juli 2023, 07:30