• Semua yang telah kita diskusikan selama ini difokuskan pada berbagai aspek utama pekerjaan Anda sebagai seorang programmer.
  • Berikutnya, kita akan berorientasi pada implementasi ilmu komputer di dunia nyata.
  • Bayangkan kita ingin meniru visual game Super Mario Bros. Dengan mempertimbangkan empat balok question dalam gambar, bagaimana kita membuat kode yang kira-kira mewakili empat balok horizontal ini? 
    Mario Question Marks
  • Buat sebuah program bernama mario.c lalu ketik baris-baris program berikut ini:

  • Perhatikan bahwa karakter "?" ditampilkan di layar sebanyak 4 kali menggunakan for loop.
  • Dengan logika yang sama, kita dapat membuat tiga balok vertikal seperti pada gambar berikut:
    Mario Blocks
  • Untuk membuatnya, kita dapat memodifikasi program mario menjadi sebagai berikut:

    Amati bagaimana tanda # mewakili balok dan dicetak di layar menggunakan for loop.
  • Bagaimana jika kita ingin menggabungkan ide-ide di atas untuk membuat kelompok balok berukuran tiga kali tiga?
    Mario Grid
  • Kita bisa mengikuti logika di atas, menggabungkan ide yang sama (menggunakan perulangan). Ubah kode Anda sebagai berikut:

    Perhatikan bahwa pada kode program di atas, terdapat satu loop dalam loop yang lain. Loop dengan jenis ini disebut sebagai loop bersarang (nested loops). Loop yang pertama menentukan pada baris ke-berapa balok akan di-print. Sedangkan loop yang kedua berfungsi untuk mencetak tiga buah balok di layar untuk setiap barisnya. Setiap selesai mencetak satu baris balok (berisi tiga balok) di layar, program akan mencetak baris baru, hingga terpenuhi 3 bari sesuai dengan batas loop yang telah diatur pada argument for loop.
  • Bagaimana jika kita ingin membuat jumlah balok menjadi tetap atau "konstan", dan tidak dapat diubah? Modifikasi kode Anda sebagai berikut:

    Pada program ini, nilai n tidak dapat diubah!
  • Kita dapat membuat program kita menanyakan ukuran grid (baris x kolom) balok kepada pengguna. Ubah kode Anda sebagai berikut:

    Jalankan program, dan amati bahwa Anda dapat mengisikan sebuah angka, dan besar grid balok akan mengikuti jumlah angka yang Anda inputkan. Angka yang diinputkan dibaca oleh fungsi get_int()
  • Saran umum dalam pemrograman adalah: Anda tidak boleh sepenuhnya mempercayai pengguna program Anda. Mereka kemungkinan besar akan berperilaku tidak sesuai, mengetikkan nilai yang salah di tempat yang tidak seharusnya. Kita dapat melindungi program kita dari perilaku "usil" dengan memeriksa untuk memastikan input yang diberikan pengguna sesuai dengan kebutuhan. Ubah kode Anda sebagai berikut:

    Amati bahwa jika pengguna program memasukkan nilai 0 atau di bawah 1, maka program akan terus mengulang untuk meminta pengguna memasukkan nilai yang sesuai kebutuhan (lebih besar dari atau sama dengan 1).

Terakhir diubah: Jumat, 21 Juli 2023, 08:04