• DASAR KOMPUTER DAN JARINGAN



    Tujuan Pembelajaran

    Peserta didik dapat memahami hal-hal di bawah ini menggunakan modul dan perangkat/gadget dengan terampil dan kompeten :

    1. Cara dan pola kerja perangkat telekomunikasi
    2. Spesifikasi perangkat komputasi
    3. Standar komunikasi jaringan
    4. Media fisik perangkat komputer jaringan
    5. Identitas perangkat dalam jaringan

    Pemahaman Bermakna

    Ada 3 (tiga) jenis subyek komputasi :
    • Hardware (perangkat keras)
    • Software (perangkat lunak / program)
    • Brainware (perangkat pengendali / pengguna)

    Sistem perangkat keras :
    • Input
    • Pemroses
    • Output
    • Penyimpanan
    Sistem perangkat lunak :

    • Operasi
    • Aplikasi

    Pemantik Pembelajaran

    Dalam menggunakan perangkat, pernahkah kamu menemui masalah?

    Profil Pelajar Pancasila

    Elemen kunci profil pelajar Pancasila yang dikembangkan antara lain :

    • Bahasa dan sikap yang digunakan dalam tulisan dan video yang menunjukkan akhlak mulia
    • Kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi baik dalam bentuk tulisan maupun video untuk menunjukkan peran dalam kebinekaan global
    • Kerjasama dan peran dalam gotong royong kegiatan kelompok
    • Bertanggung jawab dan disiplin dalam mengikuti kegiatan pembelajaran mandiri
    • Menanyakan dan memahami instruksi sebagai bentuk kritis
    • Menggagas dan menuangkan ide kreatif yang sesuai dengan kerangka kegiatan pembelajaran

    Kegiatan Adiwiyata Mandiri

    Ruang lingkup penerapan adiwiyata mandiri dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan antara lain :

    • Melaksanakan pengelolaan sampah, pemeliharaan taman, perawata sanitasi dan drainase sebelum pembelajaran di lingkungan sekitar kegiatan pembelajaran
    • Konservasi energi dan air dengan menggunakan alat praktek seperlunya, mematikan apabila tidak digunakan.
    • Menjaga kebersihan dengan makan/minum di luar ruangan, melakukan piket kebersihan dan merapikan sarpras setelah selesai digunakan

    Muatan Anti Korupsi dan Penerapan Budaya Industri

    • Mengikuti kegiatan pembelajaran sesuai jadwal dan penggunaan alat/bahan praktik sesuai SOP (disiplin dan kerja keras)
    • Kriteria kejujuran dan kesesuaian prosedur pada rubrik penilaian (jujur dan mandiri)
    • Pencatatan, pelaporan dan tindak lanjut ketuntasan kegiatan (tanggung jawab)
    • Gotong royong dalam kegiatan kelompok dan pencatatan partisipasi (berani dan peduli)
    • Penilaian dengan prinsip terbuka, mudah dibaca dan dapat diaudit (adil dan sederhana)

  • Elemen dan Capaian Pembelajaran Dasar Program Keahlian TJKT Kelas X

  • PROSES BISNIS

  • PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

  • PROFESI DAN BIDANG KERJA

  • KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA

  • TELEKOMUNIKASI

  • ALAT UKUR

  • ASESSMEN DAN PORTOFOLIO