-
Jatuh tempo: Kamis, 19 Oktober 2023, 10:00
-
Dibuka: Selasa, 10 Oktober 2023, 00:00Jatuh tempo: Selasa, 10 Oktober 2023, 10:00
-
Dibuka: Selasa, 21 November 2023, 00:00Jatuh tempo: Selasa, 28 November 2023, 00:00
-
Dibuka: Rabu, 22 November 2023, 00:00Jatuh tempo: Rabu, 29 November 2023, 00:00
-
Dibuka: Rabu, 15 November 2023, 00:00Jatuh tempo: Sabtu, 25 November 2023, 00:00
-
Dibuka: Senin, 8 Januari 2024, 00:00Jatuh tempo: Selasa, 9 Januari 2024, 15:00
-
Dibuka: Senin, 8 Januari 2024, 00:00Jatuh tempo: Senin, 15 Januari 2024, 00:00
DPK TEKNOLOGI JARINGAN KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI - X
-
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat memahami hal-hal di bawah ini menggunakan modul dan perangkat/gadget dengan terampil dan kompeten :
- Cara dan pola kerja perangkat telekomunikasi
- Spesifikasi perangkat komputasi
- Standar komunikasi jaringan
- Media fisik perangkat komputer jaringan
- Identitas perangkat dalam jaringan
Pemahaman Bermakna
Ada 3 (tiga) jenis subyek komputasi :
- Hardware (perangkat keras)
- Software (perangkat lunak / program)
- Brainware (perangkat pengendali / pengguna)
Sistem perangkat keras :
- Input
- Pemroses
- Output
- Penyimpanan
Sistem perangkat lunak :
- Operasi
- Aplikasi
Pemantik Pembelajaran
Dalam menggunakan perangkat, pernahkah kamu menemui masalah?
Profil Pelajar Pancasila
Elemen kunci profil pelajar Pancasila yang dikembangkan antara lain :
- Bahasa dan sikap yang digunakan dalam tulisan dan video yang menunjukkan akhlak mulia
- Kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi baik dalam bentuk tulisan maupun video untuk menunjukkan peran dalam kebinekaan global
- Kerjasama dan peran dalam gotong royong kegiatan kelompok
- Bertanggung jawab dan disiplin dalam mengikuti kegiatan pembelajaran mandiri
- Menanyakan dan memahami instruksi sebagai bentuk kritis
- Menggagas dan menuangkan ide kreatif yang sesuai dengan kerangka kegiatan pembelajaran
Kegiatan Adiwiyata Mandiri
Ruang lingkup penerapan adiwiyata mandiri dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan antara lain :
- Melaksanakan pengelolaan sampah, pemeliharaan taman, perawata sanitasi dan drainase sebelum pembelajaran di lingkungan sekitar kegiatan pembelajaran
- Konservasi energi dan air dengan menggunakan alat praktek seperlunya, mematikan apabila tidak digunakan.
- Menjaga kebersihan dengan makan/minum di luar ruangan, melakukan piket kebersihan dan merapikan sarpras setelah selesai digunakan
Muatan Anti Korupsi dan Penerapan Budaya Industri
- Mengikuti kegiatan pembelajaran sesuai jadwal dan penggunaan alat/bahan praktik sesuai SOP (disiplin dan kerja keras)
- Kriteria kejujuran dan kesesuaian prosedur pada rubrik penilaian (jujur dan mandiri)
- Pencatatan, pelaporan dan tindak lanjut ketuntasan kegiatan (tanggung jawab)
- Gotong royong dalam kegiatan kelompok dan pencatatan partisipasi (berani dan peduli)
- Penilaian dengan prinsip terbuka, mudah dibaca dan dapat diaudit (adil dan sederhana)