• 2. PERKEMBANGAN TEKNOLOGI


    Tujuan Pembelajaran

    Peserta didik dapat memahami hal-hal di bawah ini menggunakan modul dan perangkat/gadget dengan terampil dan kompeten :

    1. Sejarah dan perkembangan revolusi industri, 
    2. Sejarah dan perkembangan perangkat telekomunikasi, 
    3. Sejarah dan perkembangan teknologi semikonduktor, 
    4. Sejarah dan perkembangan teknologi komputer, 
    5. Sejarah dan perkembangan sistem operasi, 
    6. Sejarah dan perkembangan software aplikasi, 
    7. Sejarah dan perkembangan jaringan internet
    8. Sejarah dan perkembangan kejahatan siber,
    9. Sejarah dan perkembangan perang siber

    Pemahaman Bermakna

    Dampak Umum Teknologi Informasi

    • Mempermudah akses informasi
    • Mengefisienkan pekerjaan
    • Mempersempit ruang interaksi
    • Memperluas jangkauan komunikasi
    • Mengubah aktivitas sosial
    • Menguras sumberdaya alam
    • Mengaburkan masa depan

    Pemantik Pembelajaran

    Apakah anda merupakan bagian dari warganet/netizen?

    Profil Pelajar Pancasila

    Elemen kunci profil pelajar Pancasila yang dikembangkan antara lain :

    • Bahasa dan sikap yang digunakan dalam tulisan dan video yang menunjukkan akhlak mulia
    • Kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi baik dalam bentuk tulisan maupun video untuk menunjukkan peran dalam kebinekaan global
    • Kerjasama dan peran dalam gotong royong kegiatan kelompok
    • Bertanggung jawab dan disiplin dalam mengikuti kegiatan pembelajaran mandiri
    • Menanyakan dan memahami instruksi sebagai bentuk kritis
    • Menggagas dan menuangkan ide kreatif yang sesuai dengan kerangka kegiatan pembelajaran

    Kegiatan Adiwiyata Mandiri

    Ruang lingkup penerapan adiwiyata mandiri dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan antara lain :

    • Melaksanakan pengelolaan sampah, pemeliharaan taman, perawata sanitasi dan drainase sebelum pembelajaran di lingkungan sekitar kegiatan pembelajaran
    • Konservasi energi dan air dengan menggunakan alat praktek seperlunya, mematikan apabila tidak digunakan.
    • Menjaga kebersihan dengan makan/minum di luar ruangan, melakukan piket kebersihan dan merapikan sarpras setelah selesai digunakan

    Muatan Anti Korupsi dan Penerapan Budaya Industri

    • Mengikuti kegiatan pembelajaran sesuai jadwal dan penggunaan alat/bahan praktik sesuai SOP (disiplin dan kerja keras)
    • Kriteria kejujuran dan kesesuaian prosedur pada rubrik penilaian (jujur dan mandiri)
    • Pencatatan, pelaporan dan tindak lanjut ketuntasan kegiatan (tanggung jawab)
    • Gotong royong dalam kegiatan kelompok dan pencatatan partisipasi (berani dan peduli)
    • Penilaian dengan prinsip terbuka, mudah dibaca dan dapat diaudit (adil dan sederhana)

  • PROSES BISNIS

  • PROFESI DAN BIDANG KERJA

  • KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA

  • TELEKOMUNIKASI

  • DASAR KOMPUTER DAN JARINGAN

  • ALAT UKUR

  • ASESMEN AKHIR