• 3. PROFESI DAN BIDANG KERJA


    Tujuan Pembelajaran

    Peserta didik dapat memahami hal-hal di bawah ini menggunakan modul dan perangkat/gadget dengan terampil dan kompeten :

    1. Mengidentifikasi berbagai jenis profil pekerjaan di bidang Komputer dan Jaringan
    2. Menyampaikan resiko dan hambatan pekerjaan di bidang Komputer dan Jaringan
    3. Menganalisis solusi pekerjaan bidang Komputer dan Jaringan

    Pemahaman Bermakna

    Tiga jenis pekerja, yaitu :

    • Wirausahawan; 
    • Karyawan; dan 
    • Seniman
    masing-masing jenis pekerja memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

    Setiap orang yang memiliki keterampilan di bidang Komputer, Jaringan dan Telkomunikasi memiliki peluang kerja yang beragam. Meskipun profil kerja di bidang ini terlihat eksklusif dan memiliki kualifikasi tinggi, namun sebetulnya memiliki banyak peluang apabila disandingkan dengan kreativitas dan gagasan-gagasan unik.

    Pilihan kerja setiap orang tidak mungkin sama, namun menjalani setiap pekerjaan dengan tekun dan penuh semangat adalah wajib. Banyak hal-hal yang dapat dipertimbangkan untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman dan menyenangkan. Lingkungan semacam ini akan meningkatkan produktivitas dan bekerja.

    Pemantik Pembelajaran

    Bagaimanakah peluang kesuksesan anda dalam bekerja di bidang Komputer dan Jaringan?

    Profil Pelajar Pancasila

    Elemen kunci profil pelajar Pancasila yang dikembangkan antara lain :

    • Bahasa dan sikap yang digunakan dalam tulisan dan video yang menunjukkan akhlak mulia
    • Kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi baik dalam bentuk tulisan maupun video untuk menunjukkan peran dalam kebinekaan global
    • Kerjasama dan peran dalam gotong royong kegiatan kelompok
    • Bertanggung jawab dan disiplin dalam mengikuti kegiatan pembelajaran mandiri
    • Menanyakan dan memahami instruksi sebagai bentuk kritis
    • Menggagas dan menuangkan ide kreatif yang sesuai dengan kerangka kegiatan pembelajaran

    Kegiatan Adiwiyata Mandiri

    Ruang lingkup penerapan adiwiyata mandiri dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan antara lain :

    • Melaksanakan pengelolaan sampah, pemeliharaan taman, perawata sanitasi dan drainase sebelum pembelajaran di lingkungan sekitar kegiatan pembelajaran
    • Konservasi energi dan air dengan menggunakan alat praktek seperlunya, mematikan apabila tidak digunakan.
    • Menjaga kebersihan dengan makan/minum di luar ruangan, melakukan piket kebersihan dan merapikan sarpras setelah selesai digunakan

    Muatan Anti Korupsi dan Penerapan Budaya Industri

    • Mengikuti kegiatan pembelajaran sesuai jadwal dan penggunaan alat/bahan praktik sesuai SOP (disiplin dan kerja keras)
    • Kriteria kejujuran dan kesesuaian prosedur pada rubrik penilaian (jujur dan mandiri)
    • Pencatatan, pelaporan dan tindak lanjut ketuntasan kegiatan (tanggung jawab)
    • Gotong royong dalam kegiatan kelompok dan pencatatan partisipasi (berani dan peduli)
    • Penilaian dengan prinsip terbuka, mudah dibaca dan dapat diaudit (adil dan sederhana)

  • PROSES BISNIS

  • PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

  • KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA

  • TELEKOMUNIKASI

  • DASAR KOMPUTER DAN JARINGAN

  • ALAT UKUR

  • ASESMEN AKHIR