Blog entry by HARIMAWAN APRIANTO, S.Si PTK

Anyone in the world

1. Topologi

Berikut ini adalah topologi distribusi pengantaran paket dengan DC Surabaya sebagai pusat distribusi dan TP Malang, Madiun, Kediri, Jember dan SIdoarjo sebagai titik transit pelanggan/penjual/pembeli

DC Surabaya (Har.Sby) memiliki pintu transit (gateway) ke masing-masing area TP yang dipetakan sebagai berikut:

  • ether1 adalah pintu transit Area Sidoarjo, terhubung ke TP Sidoarjo (Har.PC4)
  • ether2 adalah pintu transit Area Malang, terhubung ke TP Malang (Har.PC5)
  • ether3 adalah pintu transit Area Jember, terhubung ke TP Jember (Har.PC3)
  • ether4 adalah pintu transit Area Kediri, terhubung ke TP Kediri (Har.PC2)
  • ether5 adalah pintu transit Area Madiun, terhubung ke TP Madiun (Har.PC1)

Setiap ether di DC Surabaya bisa dibayangkan sebagai pintu gudang distribusi yang langsung terhubung dengan satu jalur ekspedisi ke kota tujuan (TP).

  • Kalau ada paket di area Sidoarjo, maka yang bertugas mengirim/menerima adalah ether1.
  • Kalau ada paket di area Malang, maka yang bertugas mengirim/menerima adalah ether2.
  • Kalau ada paket di area Jember, maka yang bertugas mengirim/menerima adalah ether3.
  • Kalau ada paket di area Kediri, maka yang bertugas mengirim/menerima adalah ether4.
  • Kalau ada paket di area Madiun, maka yang bertugas mengirim/menerima adalah ether5.

2. Tabel Routing

Tabel routing adanya di router/DC Surabaya (Har.Sby) karena berfungsi mengalokasikan penerimaan, penyaringan dan pengiriman paket ke Transit-Transit Point di bawahnya atau Distribution Center lain.

2.1. Kode Area dan Nomor Pintu Transit Yang Terpasang

Di bagian ip address print, terlihat bahwa DC Surabaya terhubung ke 5 jalur distribusi:

  • 192.168.40.1/24 adalah identitas titik transit milik ether2.Malang, kode areanya = 40.
  • 192.168.90.1/24 adalah identitas titik transit milik ether4.Sidoarjo, kode areanya = 90
  • 192.168.140.1/24 adalah identitas titik transit milik ether3.Jember, kode areanya = 140
  • 192.168.190.1/24 adalah identitas titik transit milik ether1.Madiun, kode areanya = 190
  • 192.168.240.1/24 adalah identitas titik transit milik ether5.Kediri, kode areanya = 240

Setiap jalur ini ibarat pintu transit untuk gudang DC Surabaya dengan gudang cabang (TP).

2.2. Routing/Distribusi

Di bagian ip route print, terlihat semua jaringan/area berstatus ADC (Active, Dynamic, Connected). Artinya, begitu ada paket yang berasal/bertujuan di salah satu area (misalnya 192.168.140.x untuk Jember), router otomatis akan segera memeriksa ether3.Jember.

Analoginya, jika ada barang dengan alamat tujuan Jember, maka paket akan dikirim lewat pintu transit ether3. Begitu pula bila ada barang datang dari Kediri, maka paket harus diambil dari pintu ether5, dst.

2.3. Pusat Pemrosesan

DC Surabaya di sini berfungsi seperti:

  • Sorting Center, yang menerima semua data (barang), lalu menyortir berdasarkan alamat tujuan (subnet).
  • Transit Hub, yang tiap pintu keluar sudah jelas jalurnya ke kota masing-masing (Malang, Sidoarjo, Jember, Madiun, Kediri).
  • Pengendali Jalur Distribusi, yang memastikan paket tidak salah alamat, karena setiap subnet (area) punya gateway (pintu transit) yang spesifik.

3. Contoh Ping/Pengantaran Paket

Sebuah TP (Har.PC1) memiliki nomor pintu 192.168.40.2/24 dengan gateway 192.168.40.1. Ini artinya, TP berada di jalur distribusi Malang, dengan pintu transit DC Surabaya di nomor 192.168.40.1.

TP Malang mengirim 2 (dua) paket yang masing-masing harus disampaikan ke dua buah alamat tujuan, yaitu 192.168.140.2 (TP Jember), dan 192.168.240.2 (TP Kediri). Hasil ping reply sukses, dengan waktu respon 1–11 ms, yang artinya baik TP Jember maupun TP Kediri melaporkan bahwa paket telah sampai dengan lancar.


4. Penjelasan Alur Pengantaran

4.1. Penjual dengan TP Malang (192.168.40.2)

Pagi itu, Ngatemin muncul dengan motornya yang sudah ringsek sebelah. Dia ambil paket cat dan bantal dari penjual.

Penjual: “Min, ojo nganti cat tumpah nang tengah dalan, lho. Iki cat larang!

Ngatemin (sambil cengengesan): “Tenang ae, Bu. Wong aku iki jagoane bawa galon isi solar, ora tau tumpah, opo meneh mung cat!”

Sampai di TP Malang (Har.PC1.e0), Ngatemin ngomong ke petugas: “Cak, iki cat kanggo Kediri, bantal kanggo Jember. Sing bantal ojo diiket kenceng-kenceng, lha wong bantal kok kaya narapidana ae. Sampeyan celuken Kirun, ya

4.2. TP Malang ke DC Surabaya–Malang (192.168.40.2 - 192.168.40.1)

Giliran Kirun, kurir jalur Malang–Surabaya mengambil barang di TP Malang (Har.PC1.e0). Dia ketemu Ngatemin.

Ngatemin: “Run, iki paket loro. Cat kanggo Kediri, bantal kanggo Jember. Sing ati-ati, lho. Cat kuwi gampang bocor, bantal gampang kecanthol spion.

Kirun: “Lha yo jelas, Min. Nek cat'e tumpah, aku lak dikon nge-cat ulang dalane, iso dadi jalan tol anyar. Nek bantal ilang, wong Jember lak malih turune neng aspal kabeh!

Mereka ketawa ngakak bareng, lalu Kirun berangkat ke Surabaya (Har.Sby.ether2).

4.3. DC Surabaya (192.168.40.1, 192.168.140.1, 192.168.240.1)

Kirun masuk ke pintu Surabaya (Har.Sby.ether2). Petugas DC Surabaya langsung nyeletuk: “Lho, Run.. Kirun! Kowe kok teko-teko wis karo nggowo barang loro? Biasane koe teko mek bawa bon utangan warung kopi.

Kirun nyolot: “Lha piye, cak? Iki kerjaanku. Nyoh.. Cat kanggo Kediri, bantal kanggo Jember. Cepetno sortir, nek kelamaan engko cat’e malah dadi tembok nang gudang kene.

Petugas cek alamat, lalu manggil dua kurir jalur: Paijan (Kediri) dan Wagiran (Jember).

4.4a. Jalur Kediri (Cat: 192.168.240.1 - 192.168.240.2)

Paijan ambil cat dari petugas DC Surabaya.

Paijan: “Cak, iki isine cat temenan ta? Wedine nek isine tape, iso-iso tak ombe separo nang dalan.

Kirun: “Wes talah, Jan! Ojo kebacut. Cat iku nek mbok ombe, awakmu iso padhang seminggu sak kaya lampu neon.” 

Paijan ngakak, terus cabut lewat pintu DC Surabaya–Kediri (Har.Sby.ether5). Sampai di TP Kediri (Har.PC5.e0), Kromo kurir lokal nerima.

Kromo nyeletuk: “Paijan iki pancet ae. Nggowo cat kok yo gak sekalian karo kuas'e. Sing tuku iso ngamuk nek kudu ngecat nganggo sikat untu.

Paijan: “Wes, penting tekan! Nek soal kuas, iku urusan pembeli. Kok kiro aku iki toko bangunan ta piye?

Akhirnya Kromo nganter cat ke pembeli.

4.4b. Jalur Jember (Bantal: 192.168.140.1 - 192.168.140.2)

Sementara itu, Wagiran ambil paket bantal. Wagiran nyeletuk ke petugas: “Maszeh, iki paketan kok enteng tenan. Tak kira isine beras. Yen bantal ae, iki bisa tak jupuk nganggo tangan siji karo sambil ngupil.

Kirun ngegas: “Ngupil yo ngupil, tapi ojo nganti bantale ketempelan, Gir. Mengko wong Jember turune mlungker nang kasur sing amis kabeh.

Mereka ketawa. Wagiran keluar lewat pintu DC Surabaya–Jember (Har.Sby.ether3). Sampai di TP Jember (Har.PC3.e0), Sarimin terima bantal.

Sarimin nyeletuk: “Bantal iki kok kayak e bekas, wis penyet separo. Mari mbok turoni terus kok ileri, ta? Iki nek dicekel wong Jember, iso amuk massa didadekno bahan demo.

Wagiran: “Ora popo, Min. Wong bantal iku tugas e mung kanggo ditendang-tendang karo diemplok pas turu, dudu kanggo dipamerno.

Sarimin ngakak, lalu nganterin bantal ke pembeli.


5. Konfirmasi balik

Kediri dan Jember sama-sama konfirmasi barang sudah sampai. Ngatemin terima kabar, langsung nyeletuk di warung kopi sama Kirun: “Wah, sukses! Cat tekan, bantal tekan. Iki pertanda aku kudu nambah utang kopi rong gelas meneh.

Kirun nyeletuk: “Ngutang ae kerjomu, Min. Tapi yo wes, sing penting pelanggan seneng, kita tetep iso guyon.

[ Modified: Wednesday, 17 September 2025, 4:21 AM ]