Blog entry by NUR ASYIFA CAHYANDARI PUTRI XIJKT2

NUR ASYIFA CAHYANDARI PUTRI XIJKT2
by NUR ASYIFA CAHYANDARI PUTRI XIJKT2 - Wednesday, 18 October 2023, 7:51 AM
Anyone in the world

KASUS

hp

Hp saya sering mengalami panas dan crash ketika sedang memainkan hp, dan panas nya hp bisa membuat hp mati lalu bootloop.
Bootloop adalah masalah yang sering terjadi pada ponsel Android. Hal ini diakibatkan oleh kesalahan pada sistem operasi yang menyebabkan ponsel tidak bisa mereset atau nyala kembali.

FAKTOR PENYEBAB

Penyebab bootloop yang paling umum adalah karena disebabkan perawatan dan penggunaan HP yang tidak benar. Bootloop merupakan suatu kondisi yang wajar terjadi pada HP, namun jika terjadi terus-menerus akan dapat menyebabkan kerusakan parah pada HP hingga tidak dapat digunakan lagi, sehingga penting juga untuk mengetahui cara mengatasinya. Berikut adalah penyebab terjadinya bootloop :

1. Penyimpanan internal perangkat terlalu penuh atau rusak.

2. Pembaruan sistem gagal diterapkan dengan benar, hal ini berpotensi sebagai akibat dari penyebab nomor satu.

3. Pengguna mencoba menerapkan perangkat lunak khusus (contohnya: ROM khusus) secara tidak benar.

4. Perangkat rusak secara fisik oleh air, listrik, atau faktor eksternal lainnya.

5. Aplikasi pihak ketiga yang tidak berfungsi atau berbahaya mencegah perangkat melakukan booting.

6. Salah mengatur permission pada pengaturan HP.

7. Mengubah isi script di dalam folder sistem atau aplikasi yang ada pada sistem.

PERBANDINGAN

hp

Dari hasil penelitian saya yaitu karna terjadinya penyimpanan internal yang penuh, penyimpanan internal sendiri adalah Penyimpanan internal yang terlalu penuh pada perangkat Android bisa terjadi karena beberapa alasan yaitu

1.Aplikasi dan data: Penggunaan berlebihan dari aplikasi dan data yang diunduh dapat mengisi penyimpanan internal perangkat

2.Foto dan video: Mengambil banyak foto dan video dengan kamera perangkat dapat menghabiskan ruang penyimpanan secara signifikan.

3.Cache dan file sementara: Aplikasi sering menyimpan file cache dan sementara yang seiring waktu bisa menumpuk dan mengisi penyimpanan.

4.Unduhan: Berkas yang diunduh dari internet atau aplikasi seperti WhatsApp dapat memenuhi penyimpanan jika tidak dikelola dengan baik.

5.Sistem operasi: Sistem Android juga memerlukan ruang penyimpanan untuk operasionalnya, jadi terlalu penuhnya penyimpanan bisa mengganggu kinerja perangkat.

6.Tidak menghapus aplikasi atau data yang tidak terpakai: Pemeliharaan rutin, seperti menghapus aplikasi yang tidak digunakan atau file yang tidak diperlukan, sangat penting.

KESIMPULAN

Kesimpulannya, jika handphone anda mengalami bootloop, dapat diatasi dengan restart hp lalu menghapus file cache yang menumpuk pada handphone anda. Salah satu solusi untuk mengatasi bootloop adalah menghapus cache yang menumpuk pada handphone

dengan menghapus file cache yang merupakan file sampah yang tidak terpakai lagi, maka sebaiknya segera dihapus agar tidak menumpuk dan menyebabkan kerusakan sistem lainnya. 

cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi bootloop adalah Restart
Langkah selanjutnya yang bisa Anda coba saat memperbaiki bootloop di hp adalah dengan memulai ulang atau restart secara paksa. Hal ini bisa dilakukan dengan menekan tombol restart atau melepas baterai hp.
Untuk beberapa kesempatan cara ini berhasil, tetapi untuk jenis Android versi terbaru, Anda tidak melepas baterai karena saat ini sudah memasuki era baterai tanam.
Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menekan dan tahan tombol daya selama 5-10 detik untuk memulai ulang. Secara otomatis ini akan me-restart hp Anda dan untuk menyalakannya kembali silahkan lakukan hal yang sama.

Source : <https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20230522085940-190-952255/7-cara-mengatasi-hp-bootloop-isi-daya-hingga-lepas-kartu-sd>

[ Modified: Sunday, 14 July 2024, 9:43 AM ]