PROSES BISNIS
Section: PROSES BISNIS | DPK TEKNOLOGI JARINGAN KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI - X | LMS Smechatwolasma
-
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat memahami hal-hal di bawah ini menggunakan modul dan perangkat/gadget dengan terampil dan kompeten :
- Pembagian atau pemisahan profil pelanggan bisnis
- Proses penawaran pada sebuah bisnis
- Pemetaan keinginan dan kebutuhan para pelanggan
- Analisa dan rekomendasi tindakan sesuai umpan balik pelanggan
- Perilaku dagang dalam sebuah bisnis
- Proses pelayanan kepada pelanggan
- Pemanfaatan Sistem dan Transaksi Elektronik
- Penerapan budaya mutu dalam pengelolaan bisnis sesuai umpan balik pelanggan
Pemahaman Bermakna
Ada 3 (tiga) jenis proses bisnis :
- Pengelolaan
- Operasional
- Pendukung
Proses bisnis memiliki karakteristik antara lain :
- Penyedia, yaitu pihak yang bertanggung jawab terhadap bisnis
- Definitif, yaitu kepastian terhadap input/output dan batasan
- Bertahap, yaitu berurutan sesuai ruang dan waktu
- Pelanggan, yaitu pihak yang menikmati hasil proses
- Nilai Tambah, keistimewaan yang diterima pelanggan dibanding menggunakan proses bisnis pihak lain yang sejenis
- Keterkaitan, yaitu terstruktur dan saling mendukung
- Fungsi Silang, yaitu tidak hanya mencakup satu fungsi saja
Aspek bisnis yang harus dipenuhi:
- Perencanaan, meliputi penawaran dan segmentasi (calon) pelanggan
- Analisis pelanggan, meliputi survei dan analisa kebutuhan (calon) pelanggan
- Implementasi, berupa cara melakukan bisnis
- Pelayanan, meliputi SOP dan etika transaksi sesuai budaya mutu
- Penanganan keluhan, meliputi penjaringan kepuasan dan umpan balik pelanggan
Pemantik Pembelajaran
Pernahkan anda mengalami kekecewaan dalam sebuah transaksi bisnis?
Profil Pelajar Pancasila
Elemen kunci profil pelajar Pancasila yang dikembangkan antara lain :
- Bahasa dan sikap yang digunakan dalam tulisan dan video yang menunjukkan akhlak mulia
- Kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi baik dalam bentuk tulisan maupun video untuk menunjukkan peran dalam kebinekaan global
- Kerjasama dan peran dalam gotong royong kegiatan kelompok
- Bertanggung jawab dan disiplin dalam mengikuti kegiatan pembelajaran mandiri
- Menanyakan dan memahami instruksi sebagai bentuk kritis
- Menggagas dan menuangkan ide kreatif yang sesuai dengan kerangka kegiatan pembelajaran
Kegiatan Adiwiyata Mandiri
Ruang lingkup penerapan adiwiyata mandiri dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan antara lain :
- Melaksanakan pengelolaan sampah, pemeliharaan taman, perawata sanitasi dan drainase sebelum pembelajaran di lingkungan sekitar kegiatan pembelajaran
- Konservasi energi dan air dengan menggunakan alat praktek seperlunya, mematikan apabila tidak digunakan.
- Menjaga kebersihan dengan makan/minum di luar ruangan, melakukan piket kebersihan dan merapikan sarpras setelah selesai digunakan
Muatan Anti Korupsi dan Penerapan Budaya Industri
- Mengikuti kegiatan pembelajaran sesuai jadwal dan penggunaan alat/bahan praktik sesuai SOP (disiplin dan kerja keras)
- Kriteria kejujuran dan kesesuaian prosedur pada rubrik penilaian (jujur dan mandiri)
- Pencatatan, pelaporan dan tindak lanjut ketuntasan kegiatan (tanggung jawab)
- Gotong royong dalam kegiatan kelompok dan pencatatan partisipasi (berani dan peduli)
- Penilaian dengan prinsip terbuka, mudah dibaca dan dapat diaudit (adil dan sederhana)
-
Dibuka: Selasa, 25 Juli 2023, 00:00Jatuh tempo: Selasa, 1 Agustus 2023, 00:00
Pada sebuah proses bisnis, dalam satu atau beberapa kesempatan, kadang barang yang diterima tidak sesuai dengan harapan. Pernahkah anda mengalami atau menyaksikan hal tersebut?
Berikan contoh penampilan ketidak puasan / keluh kesah atas sebuah produk/jasa
-
Dibuka: Rabu, 26 Juli 2023, 00:00Jatuh tempo: Rabu, 2 Agustus 2023, 00:00
Dalam merencanakan sebuah bisnis, kita tidak hanya perlu memikirkan produk/jasa apa yang akan kita jual. Bagaimanapun, penjualan harus memenuhi target yang optimal agar bisnis dapat berjalan dengan sehat. Hal-hal mengenai penjualan akan selalu melibatkan pembeli/pelanggan, sehingga kita harus memetakan daya beli dan keinginan pelanggan. Pelanggan harus mendapat opsi atau pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka.
Mari kita coba memahami kebutuhan pelanggan melalui diri kita sendiri. Contoh bisnis yang kita rujuk adalah penjualan paket kuota data. Kenapa disebut paket? Karena terdapat paket-paket alternatif selain yang kita gunakan.
Gunakan/copy template paket data yang anda gunakan saat ini :
- Operator/ISP :
- Kuota Paket :
- Masa aktif paket :
- Harga Paket :
- Ada kuota sisa (Y/T) :
- Tingkat kepuasan (5-star) :
-
Dibuka: Rabu, 26 Juli 2023, 00:00Jatuh tempo: Kamis, 3 Agustus 2023, 00:00
Saat kita melepas produk atau jasa untuk dijual, kita harus membuat penawaran agar pembeli/pelanggan tertarik. Penawaran berarti memberikan informasi pada pembeli/pelanggan mengenai produk atau jasa yag kita jual. Informasi ini tentunya harus otentik dan tidak membuat pembeli/pelanggan kecewa terhadap produk/jasa yang kita tawarkan.
Mari kita mencoba membuat contoh penawaran berupa iklan dengan ketentuan-ketentuan informasi yang memudahkan pelanggan menentukan tindakan.
Buatlah desain penawaran handphone anda.
- Memuat gambar/foto barang
- Ada merek/seri barang
- Ada harga
- Ada deksripsi tambahan
-
Jatuh tempo: Selasa, 8 Agustus 2023, 00:00
Kita memiliki kemampuan untuk membuat atau menjalankan sebuah bisnis. Akan tetapi, pola pikir kita tidak bisa hanya sekedar memproduksi dan menjual. Kita harus mempertimbangkan apa saja yang diinginkan oleh pembeli/pelanggan. Bahkan menjual makanan ringan seperti cilok pun, yang dijual tidak hanya "cilok", tetapi juga "tahu" dan "kerupuk goreng". Bumbunya juga tidak hanya saos, tetapi ada juga kuah kacang, kecap dan saos pedas.
Untuk mengetahui keinginan atau kebutuhan pelanggan, mari kita coba dengan cara yang sederhana yaitu membuat kuesioner. Dalam kelompok anda, tentukan bisnis yang akan dijalankan dan mendaftar hal-hal yang akan dipertimbangkan oleh pembeli/pelanggan.
Buatlah kuesioner yang harus diisi minimal 50 responden dengan ketentuan terdiri dari minimal 5 (lima) pertanyaan. Unggah link kuesioner anda pada modul ini
Contoh form bisa dilihat di sini
-
[KP-04] Analisa Kebutuhan Pelanggan PenugasanJatuh tempo: Rabu, 9 Agustus 2023, 00:00
Setelah membuat kuesioner atau angket berdasarkan kebutuhan/keinginan pelanggan, kita dapat menganalisa melalui gambaran sederhana, hal-hal apa saja yang mungkin banyak disukai atau paling tidak disukai. Dari gambaran-gambaran tersebut, kita dapat memutuskan perubahan-perubahan pola bisnis terkait dengan modal dan pelayanan. Hal-hal yang mungkin tidak disukai dapat kita pangkas untuk mengefisienkan modal dan pelayanan.
Pada modul ini, cobalah buat gambaran deskriptif terkait poin-poin dalam angket anda, kemudian berikanlah rasional berupa kesimpulan atau analisa pribadi.
-
Dibuka: Rabu, 26 Juli 2023, 00:00Jatuh tempo: Minggu, 6 Agustus 2023, 00:00
Buatlah contoh video proses jual-beli smartphone, menggunakan detail komunikasi antara penjual dengan pembeli
-
Jatuh tempo: Senin, 14 Agustus 2023, 00:00
Dalam setiap penyediaan barang/jasa, penjual akan dihadapkan pada bermacam-macam tipe (calon) pembeli. Sikap, pengetahuan dan keterampilan penjual akan mempengaruhi niat dan keputusan pembeli. Dari ketiga aspek penjualan di atas, kita perlu menjabarkan lebih jauh lagi hal-hal yang perlu dan tidak perlu disampaikan atau ditunjukkan kepada pelanggan.
Pada profil elearning anda, buatlah sebuah catatan/blog dengan judul Pelayanan Pelanggan mengenai penjabaran aspek-aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki penjual ketika menghadapi (calon) pembeli. Setalah selesai, cetaklah blog anda menjadi sebuah file PDF kemudian ajukan/kumpulkan pada modul ini
-
Jatuh tempo: Rabu, 16 Agustus 2023, 00:00
Pada saat ini proses bisnis banyak dilakukan secara digital melalui internet. Tentu saja pola proses bisnis semacam ini memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan mulai dari segi kecepatan, keamanan, kemudahan dan distribusi. Proses bisnis harus menggunakan Sistem Elektronik yang legal dan terpercaya. Selain itu transaksi elektronik yang terdapat dalam sebuah Sistem Elektronik harus tercatat dengan baik dan dapat dibuktikan sehingga tidak dapat disalahgunakan oleh pihak-pihak yang beniat curang.
Dalam kelompok anda, tentukanlah sebuah Sistem Elektronik dan ketentuan-ketentuan transaksinya. Buatlah sebagai berkas presentasi dalam bentuk file PDF kemudian unggahlah ke modul ini.
Contoh slide dapat dilihat melalui berkas terlampir di bawah
-
Jatuh tempo: Minggu, 1 Oktober 2023, 00:00Sebuah bisnis dapat dinilai baik apabila pelanggan bertambah, dinilai buruk apabila pelanggan tidak bertambah dan merugi apabila pelanggan berkurang. Untuk menjaga agar bisnis tetap berjalan, penyedia produk atau jasa harus menjalankan berbagai strategi agar pelanggan terus bertambah sekaligus mempercayai layanan mereka. Strategi-strategi ini harus direncanakan dengan baik, dilaksanakan secara berkala dan dikembangkan mengikuti perubahan jaman.
Pada Kegiatan Pembelajaran sebelumnya, anda telah menyebutkan nilai-nilai dan dasar strategi bisnis yang harus dilakukan secara internal dalam sebuah bisnis. Dari pebelajaran tersebut, kita dapat menetapkan pola pelayanan yang bermutu, yaitu :
- Tersedianya produk/jasa sesuai dengan profil pelanggan
- Adanya penawaran yang baik dan detail terhadap produk/jasa yang diberikan
- Adanya dokumentasi terhadap keinginan dan kesukaan pelanggan
- Adanya pengembangan pengetahuan dan keterampilan karyawan/penjual
- Terlaksananya prosedur pelayanan saat menghadapi pelanggan
Tidaklah mungkin pebisnis dapat memahami apa-apa saja yang harus dilakukan untuk menentukan pola pelayanan bisnisnya. Pemahaman ini hanya bisa diperoleh berdasarkan masukan dari pelanggan itu sendiri. Ada tiga macam cara berkomunikasi untuk mendapatkan masukan dari pelanggan, yaitu :
- Ruang percakapan baik secara langsung maupun melalui sistem (call center)
- Angket atau survey kepuasan menggunakan form aplikasi cetak atau digital
- Insight atau analisa perilaku pelanggan berdasarkan lembar pencatatan kejadian (logsheet), baik secara tradisional maupun menggunakan sistem informasi
Bagilah tugas dengan anggota kelompok anda, yang masing-masing memiliki tugas menjelaskan :
- Model-model komunikasi kepuasan pelanggan
- Contoh percakapan atau komentar pelanggan, kelebihan dan kekurangan sistem percakapan
- Contoh angket atau servey kepuasan, kelebihan dan kekurangan sistem tersebut
- Contoh analisa perilaku, kelebihan dan kekurangan sistem tersebut
Presentasikan dalam sebuah video youtube yang link/tautannya dikumpulkan di modul ini