• PROSES BISNIS


    Tujuan Pembelajaran

    Peserta didik dapat memahami hal-hal di bawah ini menggunakan modul dan perangkat/gadget dengan terampil dan kompeten :

    1. Pembagian atau pemisahan profil pelanggan bisnis
    2. Proses penawaran pada sebuah bisnis
    3. Pemetaan keinginan dan kebutuhan para pelanggan
    4. Analisa dan rekomendasi tindakan sesuai umpan balik pelanggan
    5. Perilaku dagang dalam sebuah bisnis
    6. Proses pelayanan kepada pelanggan
    7. Pemanfaatan Sistem dan Transaksi Elektronik
    8. Penerapan budaya mutu dalam pengelolaan bisnis sesuai umpan balik pelanggan

    Pemahaman Bermakna

    Ada 3 (tiga) jenis proses bisnis :
    • Pengelolaan
    • Operasional
    • Pendukung

    Proses bisnis memiliki karakteristik antara lain :
    • Penyedia, yaitu pihak yang bertanggung jawab terhadap bisnis
    • Definitif, yaitu kepastian terhadap input/output dan batasan
    • Bertahap, yaitu berurutan sesuai ruang dan waktu
    • Pelanggan, yaitu pihak yang menikmati hasil proses
    • Nilai Tambah, keistimewaan yang diterima pelanggan dibanding menggunakan proses bisnis pihak lain yang sejenis
    • Keterkaitan, yaitu terstruktur dan saling mendukung
    • Fungsi Silang, yaitu tidak hanya mencakup satu fungsi saja

    Aspek bisnis yang harus dipenuhi:
    • Perencanaan, meliputi penawaran dan segmentasi (calon) pelanggan
    • Analisis pelanggan, meliputi survei dan analisa kebutuhan (calon) pelanggan
    • Implementasi, berupa cara melakukan bisnis
    • Pelayanan, meliputi SOP dan etika transaksi sesuai budaya mutu
    • Penanganan keluhan, meliputi penjaringan kepuasan dan umpan balik pelanggan

    Pemantik Pembelajaran

    Pernahkan anda mengalami kekecewaan dalam sebuah transaksi bisnis?

    Profil Pelajar Pancasila

    Elemen kunci profil pelajar Pancasila yang dikembangkan antara lain :

    • Bahasa dan sikap yang digunakan dalam tulisan dan video yang menunjukkan akhlak mulia
    • Kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi baik dalam bentuk tulisan maupun video untuk menunjukkan peran dalam kebinekaan global
    • Kerjasama dan peran dalam gotong royong kegiatan kelompok
    • Bertanggung jawab dan disiplin dalam mengikuti kegiatan pembelajaran mandiri
    • Menanyakan dan memahami instruksi sebagai bentuk kritis
    • Menggagas dan menuangkan ide kreatif yang sesuai dengan kerangka kegiatan pembelajaran

    Kegiatan Adiwiyata Mandiri

    Ruang lingkup penerapan adiwiyata mandiri dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan antara lain :

    • Melaksanakan pengelolaan sampah, pemeliharaan taman, perawata sanitasi dan drainase sebelum pembelajaran di lingkungan sekitar kegiatan pembelajaran
    • Konservasi energi dan air dengan menggunakan alat praktek seperlunya, mematikan apabila tidak digunakan.
    • Menjaga kebersihan dengan makan/minum di luar ruangan, melakukan piket kebersihan dan merapikan sarpras setelah selesai digunakan

    Muatan Anti Korupsi dan Penerapan Budaya Industri

    • Mengikuti kegiatan pembelajaran sesuai jadwal dan penggunaan alat/bahan praktik sesuai SOP (disiplin dan kerja keras)
    • Kriteria kejujuran dan kesesuaian prosedur pada rubrik penilaian (jujur dan mandiri)
    • Pencatatan, pelaporan dan tindak lanjut ketuntasan kegiatan (tanggung jawab)
    • Gotong royong dalam kegiatan kelompok dan pencatatan partisipasi (berani dan peduli)
    • Penilaian dengan prinsip terbuka, mudah dibaca dan dapat diaudit (adil dan sederhana)

  • Elemen dan Capaian Pembelajaran Dasar Program Keahlian TJKT Kelas X

  • PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

  • PROFESI DAN BIDANG KERJA

  • KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA

  • TELEKOMUNIKASI

  • DASAR KOMPUTER DAN JARINGAN

  • ALAT UKUR

  • ASESSMEN DAN PORTOFOLIO