Site blog

MOHAMMAD NUR HADI MAULANA XIJKT2
by MOHAMMAD NUR HADI MAULANA XIJKT2 - Wednesday, 1 November 2023, 7:39 AM
Anyone in the world

Topologi Jaringan

Topologi jaringan adalah cara menghubungkan perangkat telekomunikasi yang satu dengan yang lainnya sehingga membentuk jaringan. Ada beberapa jenis topologi jaringan yang dapat digunakan, diantaranya:

1. Bus

Karakteristik

Setiap perangkat terhubung ke kabel backbone tunggal.

Kelebihan

Biaya pemasangan atau pembuatan cenderung murah, minim penggunaan kabel, penambahan client baru mudah.

Kekurangan

Tidak stabil, jika salah satu komputer terganggu maka jaringan akan terganggu, tingkat deteksi kesalahan sangat kecil, sulit mencari gangguan pada jaringan, tingkat lalu lintas tinggi/sering terjadi antrian data.

Contoh

Jaringan kantor kecil.

2. Ring

Karakteristik

Setiap perangkat terhubung ke dua perangkat tetangga, membentuk jalur melingkar.

Kelebihan

Mudah dan cepat dibuat, performa jaringan stabil dan baik, biaya pemasangannya termasuk murah meriah, tidak membutuhkan banyak sumber daya kabel.

Kekurangan

Menggunakan banyak kabel, ada kemungkinan akan terjadi tabrakan data sehingga dapat menyebabkan jaringan lambat, jaringan sangat tergantung kepada terminal pusat, jaringan memakan biaya tinggi, jika titik komputer pusat terjadi gangguan maka terganggu pula seluruh jaringan.

Contoh

Jaringan telepon.

3. Mesh

Karakteristik

Setiap perangkat terhubung ke setiap perangkat lain dalam jaringan.

Kelebihan

Jaringan topologi ini sangat handal karena memiliki banyak jalur alternatif untuk mengirimkan data, jaringan topologi ini juga sangat fleksibel karena mudah untuk menambahkan atau menghapus perangkat.

Kekurangan

Sulit pada saat melakukan instalasi dan melakukan konfigurasi ulang saat jumlah komputer dan peralatan-peralatan yang terhubung semakin meningkat jumlahnya, biaya yang besar untuk memelihara hubungan yang berlebih.

Contoh

Jaringan militer atau pemerintah.

4. Star

Karakteristik

Setiap perangkat terhubung ke pusat tunggal (hub atau switch).

Kelebihan

Jaringan topologi ini tetap berjalan baik meski salah satu komputer client bermasalah, tingkat keamanan data pada topologi ini cukup baik, user lebih mudah mendeteksi masalah pada jaringan, lebih fleksibel.

Kekurangan

Topologi ini terhitung mahal karena menggunakan cukup banyak kabel, seluruh komputer dalam jaringan ini akan bermasalah jika hub atau switch mengalami masalah, sangat tergantung pada terminal pusat.

Contoh

Jaringan kantor atau sekolah.


Sumber :
https://plus.kapanlagi.com/5-kekurangan-topologi-jaringan-dan-kelebihannya-kenali-jenisnya-e54274.html
https://www.liputan6.com/hot/read/5307845/kelebihan-dan-kekurangan-topologi-jaringan-pahami-sebelum-lakukan-pemasangan
https://tekno.kompas.com/read/2022/08/16/14150077/6-jenis-topologi-jaringan-komputer-serta-pengertian-kelebihan-dan-kekurangannya?page=all
https://diskominfo.kuburayakab.go.id/read/4/kenali-apa-itu-topologi-jaringan-dan-apa-saja-jenisnya-ayo-simak-lebih-lanjut
https://www.liputan6.com/hot/read/5309076/macam-macam-topologi-jaringan-ketahui-kelebihan-dan-kekurangannya
https://tekno.kompas.com/read/2022/08/16/14150077/6-jenis-topologi-jaringan-komputer-serta-pengertian-kelebihan-dan-kekurangannya?page=all

[ Modified: Friday, 26 July 2024, 7:37 AM ]
 
hidup niku digowo santuy wae mas, rasah pusing pusing
by MOCH CATUR RAMADHANI XIJKT2 - Tuesday, 24 October 2023, 8:18 AM
Anyone in the world

1. Data (Application Layer)

Sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS.
 
Contoh
Anda memakai Microsoft Outlook yang mempunyai fungsi SMTP dan POP3.
 
 
 

2. Data (Presentation Layer)

Layer ini bekerja dengan mentranslasikan format data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi melalui jaringan, ke dalam format yang bisa ditransmisikan oleh jaringan. Pada layer ini juga data akan di-enkripsi atau di-deskripsi.
 
Contoh
mengirim email dengan format ASCII atau HTML.
 
 
 

3. Data (Session Layer)

Session layer akan mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. Di layer ini ada protocol Name Recognition,NFS & SMB.
 
Contoh
dalam menggunakan email anda harus menginstal OS dahulu untuk membuka sesi komunikasi jaringan
 
 

4. Segments (Transport Layer)

Layer ini akan melakukan pemecahan data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut pada paket-paket data tersebut sehingga dapat disusun kembali ketika sudah sampai pada sisi tujuan. Selain itu, pada layer ini, akan menentukan protokol yang akan digunakan untuk mentransmisi data, misalkan protokol TCP. Protokol ini akan mengirimkan paket data, sekaligus akan memastikan bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement), dan mentransmisikan ulang terhadap paket-paket yang hilang atau rusak di tengah jalan.
 
Contoh
OS membuka SMTP dengan sebuah TCP socket kemudian protocol terbuka untuk menerima data dari server email.
 
 

5. Packets (Network Layer)

Layer ini akan membuat header yang berisi informasi IP, baik dari pengirim maupun tujuan. Pada kondisi tertentu, Layer ini juga akan melakukan routing dengan menggunakan router dan switch layer 3
 
 
Contoh
Komputer mencari IP addres dari SMTP Server dengan melihat routing table yang diberikan OS Router jika tidak ditemukan akan memberikan pesan
 
 

6. Frames (Data Links Layer)

Befungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, pada level ini terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras (seperti halnya MAC Address), dan menetukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater, dan switch layer 2 beroperasi. Spesifikasi IEEE 802, membagi level ini menjadi dua level anak, yaitu lapisan Logical Link Control (LLC) dan lapisan Media Access Control (MAC).
 
Contoh
Paket Data dari IP addres di kirimkan oleh Etherne
 
 

7. Bits (Physical Layer)

Layer Physcal berkerja dengan mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau Token Ring), topologi jaringan dan pengabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio.
 
Contoh
mengubah paket data menjadi signal elektrik yang ditransformasilkan pada kabel UTP Cat 5

 
 
 

 

 

 

[ Modified: Sunday, 14 July 2024, 9:40 AM ]
 
Anyone in the world

OSI (Operation System Interconnection)

OSI (Open Systems Interconnection) adalah kerangka kerja yang digunakan untuk memahami dan mengatur cara perangkat komunikasi dalam jaringan bekerja. Terdiri dari tujuh lapisan yang berbeda, setiap lapisan memiliki peran khusus dalam memproses dan mengirim data.

Layer

1. Application

Lapisan teratas ini adalah yang paling dekat dengan pengguna dan berisi aplikasi seperti browser web, email, dan media sosial. Contohnya saat Anda mengirim email, berkomunikasi di media sosial seperti Instagram, atau menjelajahi web seperti Microsoft Edge, Anda berinteraksi di lapisan aplikasi seperti WhatsApp.

2. Presentation

Lapisan presentasi mengelola format data dan enkripsi. Saat Anda mengakses situs web yang menggunakan HTTPS, lapisan presentasi memberikan enkripsi data agar informasi pribadi Anda tetap aman. Contohnya :

A. Enkripsi dan Deskripsi Data : Ketika Anda mengakses situs web yang menggunakan protokol HTTPS, lapisan presentasi mengenkripsi data yang Anda kirimkan, sehingga informasi pribadi Anda tetap aman. Ini juga mencakup deskripsi data yang diterima dari server.

B. Kompresi Data : Lapisan presentasi dapat memampatkan data untuk mengurangi penggunaan bandwidth. Misalnya, ketika Anda mengunduh file zip dari internet, file tersebut harus dikompresi oleh lapisan presentasi.

C. Konversi Format : Ketika Anda mengirim email dengan lampiran, seperti dokumen Word atau PDF, lapisan presentasi memastikan bahwa penerima dapat membaca dokumen dalam format yang sesuai dengan perangkatnya.

3. Session

Lapisan sesi mengatur dan memelihara sesi komunikasi antara perangkat. Saat Anda melakukan panggilan video dengan teman melalui aplikasi, lapisan sesi memastikan bahwa koneksi terjaga dan data video dapat ditransmisikan dengan baik. Contohnya :

A. Video Konferensi : Ketika Anda melakukan panggilan video konferensi, lapisan sesi memastikan bahwa sesi komunikasi dibuka, memungkinkan Anda berinteraksi dengan peserta lain dalam sesi yang sama, dan kemudian menutup sesi tersebut ketika panggilan selesai.

B. Berbagi File : Saat Anda berbagi file atau dokumen melalui jaringan dengan teman atau rekan kerja, lapisan sesi mengatur dan memelihara sesi transfer file, mulai dari permintaan pengiriman hingga penerimaan file.

C. Remote Desktop : Dalam kasus penggunaan akses desktop jarak jauh, lapisan sesi memfasilitasi interaksi antara komputer yang mengendalikan dan komputer yang dikendalikan selama seluruh sesi akses jarak jauh.

4. Transport

Lapisan transport memastikan pengiriman data yang handal dan efisien antara perangkat. Ketika Anda mengunduh file dari internet, lapisan transport memeriksa agar data tiba dengan benar dan lengkap, memastikan bahwa tidak ada kerusakan selama pengiriman. Contohnya :

A. TCP (Transmission Control Protocol) : TCP adalah protokol di lapisan transport yang digunakan untuk koneksi yang andal. Ketika Anda mengirim email, melihat situs web, atau mengunduh file, TCP memastikan bahwa data yang dikirimkan tiba dengan benar, dan jika ada masalah dalam pengiriman, data akan diulang untuk memastikan keakuratan.

B. UDP (User Datagram Protocol) : UDP, sebaliknya, adalah protokol di lapisan transport yang digunakan untuk koneksi yang lebih cepat dan kurang andal. Ini digunakan dalam aplikasi seperti video streaming atau permainan daring, di mana kecepatan lebih penting daripada keakuratan. Dalam permainan daring, data pergerakan pemain sering dikirim melalui UDP karena respons yang cepat diperlukan.

C. Kontrol Aliran : Lapisan transport mengatur aliran data untuk memastikan bahwa pengirim tidak mengirim data terlalu cepat sehingga penerima bisa mengatasinya. Ini memastikan bahwa jaringan tidak terlalu terbebani dan data tiba secara bersamaan.

5. Network

Lapisan ini bertanggung jawab atas perencanaan dan pengaturan rute data dalam jaringan. Misalnya, ketika Anda menggunakan GPS di mobil Anda untuk menemukan alamat, lapisan jaringan menentukan jalur tercepat untuk mencapai tujuan Anda. Contohnya :

A. Routing dalam Jaringan IP : Ketika Anda mengakses situs web dari perangkat seluler atau komputer, lapisan jaringan memilih rute terbaik untuk data Anda melalui jaringan IP. Misalnya, data Anda mungkin akan melewati beberapa router sebelum mencapai server tujuan.

B. Subnetting : Lapisan jaringan memungkinkan pembagian jaringan menjadi subnet yang lebih kecil untuk mengelola lalu lintas secara efisien. Ini digunakan dalam jaringan besar atau perusahaan.

C. Virtual Private Network (VPN) : Ketika Anda terhubung ke VPN, lapisan jaringan mengenkripsi lalu lintas data Anda dan mengirimkannya melalui jaringan pribadi, sehingga data Anda tetap aman dan rahasia saat bepergian melalui internet publik.

6. Data Link

Lapisan ini mengelola aliran data dalam jaringan lokal, memastikan pengiriman data yang andal. Contohnya adalah ketika Anda menghubungkan perangkat ke jaringan Wi-Fi di rumah, lapisan data link memproses data yang dikirimkan melalui sinyal Wi-Fi untuk memastikan kecepatan dan kualitas yang baik. Contohnya :

A. Ethernet : Ethernet adalah contoh umum dari teknologi Data Link Layer yang digunakan dalam jaringan lokal (LAN). Ketika Anda menghubungkan komputer ke jaringan LAN melalui kabel Ethernet, lapisan data link mengatur bagaimana data dikirim dan diterima di antara perangkat dalam jaringan tersebut.

B. Wi-Fi (IEEE 802.11) : Dalam jaringan nirkabel, seperti Wi-Fi, lapisan data link mengelola komunikasi antara perangkat nirkabel dan akses poin (router Wi-Fi). Ini termasuk pembungkus (frame) data, pengamanan, dan pengiriman data melalui gelombang radio.

C. PPP (Point-to-Point Protocol) : PPP adalah protokol yang digunakan dalam koneksi point-to-point, seperti koneksi modem ke Internet. Lapisan data link PPP memungkinkan perangkat untuk mengidentifikasi, mengotentikasi, dan mengontrol pengiriman data.

7. Physical

Lapisan ini mencakup perangkat keras fisik seperti kabel dan konektor. Contohnya adalah kabel Ethernet yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke router Wi-Fi di rumah Anda. Selain itu, kabel USB yang menghubungkan ponsel Anda ke laptop juga merupakan contoh dari lapisan fisik. Contohnya :

A. Kabel Ethernet : Ketika Anda menghubungkan komputer Anda ke jaringan dengan menggunakan kabel Ethernet, Anda berinteraksi dengan lapisan fisik. Contoh ini mencakup kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) yang sering digunakan dalam jaringan kabel.

B. Fiber Optik : Jaringan berbasis serat optik menggunakan kabel serat optik untuk mentransmisikan data melalui cahaya. Ini adalah contoh lapisan fisik yang lebih canggih yang digunakan dalam jaringan dengan kecepatan tinggi.

C. Kabel USB : Ketika Anda menghubungkan perangkat seperti printer, hard drive eksternal, atau ponsel ke komputer melalui kabel USB, Anda berinteraksi dengan lapisan fisik.

[ Modified: Friday, 26 July 2024, 7:38 AM ]
 
NUR ASYIFA CAHYANDARI PUTRI XIJKT2
by NUR ASYIFA CAHYANDARI PUTRI XIJKT2 - Wednesday, 18 October 2023, 7:51 AM
Anyone in the world

KASUS

hp

Hp saya sering mengalami panas dan crash ketika sedang memainkan hp, dan panas nya hp bisa membuat hp mati lalu bootloop.
Bootloop adalah masalah yang sering terjadi pada ponsel Android. Hal ini diakibatkan oleh kesalahan pada sistem operasi yang menyebabkan ponsel tidak bisa mereset atau nyala kembali.

FAKTOR PENYEBAB

Penyebab bootloop yang paling umum adalah karena disebabkan perawatan dan penggunaan HP yang tidak benar. Bootloop merupakan suatu kondisi yang wajar terjadi pada HP, namun jika terjadi terus-menerus akan dapat menyebabkan kerusakan parah pada HP hingga tidak dapat digunakan lagi, sehingga penting juga untuk mengetahui cara mengatasinya. Berikut adalah penyebab terjadinya bootloop :

1. Penyimpanan internal perangkat terlalu penuh atau rusak.

2. Pembaruan sistem gagal diterapkan dengan benar, hal ini berpotensi sebagai akibat dari penyebab nomor satu.

3. Pengguna mencoba menerapkan perangkat lunak khusus (contohnya: ROM khusus) secara tidak benar.

4. Perangkat rusak secara fisik oleh air, listrik, atau faktor eksternal lainnya.

5. Aplikasi pihak ketiga yang tidak berfungsi atau berbahaya mencegah perangkat melakukan booting.

6. Salah mengatur permission pada pengaturan HP.

7. Mengubah isi script di dalam folder sistem atau aplikasi yang ada pada sistem.

PERBANDINGAN

hp

Dari hasil penelitian saya yaitu karna terjadinya penyimpanan internal yang penuh, penyimpanan internal sendiri adalah Penyimpanan internal yang terlalu penuh pada perangkat Android bisa terjadi karena beberapa alasan yaitu

1.Aplikasi dan data: Penggunaan berlebihan dari aplikasi dan data yang diunduh dapat mengisi penyimpanan internal perangkat

2.Foto dan video: Mengambil banyak foto dan video dengan kamera perangkat dapat menghabiskan ruang penyimpanan secara signifikan.

3.Cache dan file sementara: Aplikasi sering menyimpan file cache dan sementara yang seiring waktu bisa menumpuk dan mengisi penyimpanan.

4.Unduhan: Berkas yang diunduh dari internet atau aplikasi seperti WhatsApp dapat memenuhi penyimpanan jika tidak dikelola dengan baik.

5.Sistem operasi: Sistem Android juga memerlukan ruang penyimpanan untuk operasionalnya, jadi terlalu penuhnya penyimpanan bisa mengganggu kinerja perangkat.

6.Tidak menghapus aplikasi atau data yang tidak terpakai: Pemeliharaan rutin, seperti menghapus aplikasi yang tidak digunakan atau file yang tidak diperlukan, sangat penting.

KESIMPULAN

Kesimpulannya, jika handphone anda mengalami bootloop, dapat diatasi dengan restart hp lalu menghapus file cache yang menumpuk pada handphone anda. Salah satu solusi untuk mengatasi bootloop adalah menghapus cache yang menumpuk pada handphone

dengan menghapus file cache yang merupakan file sampah yang tidak terpakai lagi, maka sebaiknya segera dihapus agar tidak menumpuk dan menyebabkan kerusakan sistem lainnya. 

cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi bootloop adalah Restart
Langkah selanjutnya yang bisa Anda coba saat memperbaiki bootloop di hp adalah dengan memulai ulang atau restart secara paksa. Hal ini bisa dilakukan dengan menekan tombol restart atau melepas baterai hp.
Untuk beberapa kesempatan cara ini berhasil, tetapi untuk jenis Android versi terbaru, Anda tidak melepas baterai karena saat ini sudah memasuki era baterai tanam.
Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menekan dan tahan tombol daya selama 5-10 detik untuk memulai ulang. Secara otomatis ini akan me-restart hp Anda dan untuk menyalakannya kembali silahkan lakukan hal yang sama.

Source : <https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20230522085940-190-952255/7-cara-mengatasi-hp-bootloop-isi-daya-hingga-lepas-kartu-sd>

[ Modified: Sunday, 14 July 2024, 9:43 AM ]
 
MUHAMMAD AFDAL XIJKT2
by MUHAMMAD AFDAL XIJKT2 - Tuesday, 17 October 2023, 8:35 AM
Anyone in the world

KASUS

Saat menggunakan atau mengoperasikan Handphone ,Handphone boros baterai

PENELITIAN FAKTOR PENYEBAB

  • Aplikasi yang memakan baterai

  • Brightness yang tinggi

  • Fitur Gmaps atau lokasi yang selalu hidup

  • Hospot yag dihidupkan terus menerus

PERBANDINGAN

  • Setelah aplikasi yang memakan baterai dihapus membuat daya baterai menjadi awet karena setelah dihapus, otomatis hp tidak memberikan daya lagi ke aplikasi nya
  • Setelah brightness diturunkan baterai tidak akan memakan daya yang berlebih 
  • Fitur Gmaps atau lokasi dimatikan akan menghemat daya baterai,karena fitur ini akan mengirim data lokasi anda setiap saat setiap waktu jika dihidupkan
  • Hospot yang mati akan menghemat baterai karena hp tidak lagi mengirim sinyal ke perangkat lain

KESIMPULAN

Jadi kesimpulan yang kita dapat adalah kita harus mematikan fitur yang tidak berguna agar baterai tidak dikuras oleh fitur yang tidak terlalu digunakan dan juga kita harus tau apa yang penting saat kita mengoperasikan Handphonre,agar baterai berkurang dengan hemat dan optimal.
[ Modified: Sunday, 14 July 2024, 9:44 AM ]
 
hidup niku digowo santuy wae mas, rasah pusing pusing
by MOCH CATUR RAMADHANI XIJKT2 - Tuesday, 17 October 2023, 8:34 AM
Anyone in the world

 

  

Kasus

Saat sedang memainkan HP saya, terkadang HP saya mati secara tiba tiba, saya kira itu bisa terjadi karena HP saya mengalami lowbatt, tapi setelah saya cek, Battery saya masih banyak dan saat itu terjadi, HP saya juga dalam keadaan panas karena sering saya mainkan.

Penelitian Faktor Penyebab

Setelah diteliti, ternyata HP saya mengalami beberapa masalah, sebagai berikut :

  • CPU HP Over Heat
  • Cache menumpuk
  • Sistem operasi hp yang error

 

Perbandingan

  • CPU HP Over Heat

Setelah dikurangi pemakaiannya, ternyata HP saya tidak terlalu sering mengalami Over Heat, dan HP saya juga tidak sering mati

  • Cache Menumpuk

Saat penyimpanan saya bersihkan, HP saya tidak lagi mati sendiri

  • Sistem Operasi HP Yang Error

Saat saya mengecek OS (Operating System) pada HP saya, kondisinya tidak mengalami Error sama sekali dan masih versi terbaru

Source by : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20220921154111-190-850837/7-penyebab-hp-mati-sendiri-dan-cara-mengatasinya

Kesimpulan

Dan setelah saya periksa lebih lanjut ternyata masalah yang paling utama terletak pada CPU HP yang over heat dan penyimpanan HP saya yang terlalu banyak akan file sampah, setelah saya menangani hal itu, HP saya mulai bekerja dengan normal dan kemungkinan mati sendiri jadi jauh lebih sedikit. 
Cara saya mengatasinya dengan tidak memainkan HP terlalu lama, tidak menggunakan HP saat dicas sehingga tidak menimbulkan efek over heat dan rajin menghapus file yang sudah tidak digunakan, juga menghapus file sampah, sehingga file cache tidak menumpuk.




[ Modified: Sunday, 14 July 2024, 9:40 AM ]
 
MOHAMMAD NUR HADI MAULANA XIJKT2
by MOHAMMAD NUR HADI MAULANA XIJKT2 - Tuesday, 17 October 2023, 8:24 AM
Anyone in the world

Pengamatan

Saat sedang merooting handphone terjadi kegagalan sistem yang menyebabkan saat dihidupkan hanya muncul  logo dari merk handphone tersebut.

Eksplorasi

1. Saat proses merooting handphone, file yang digunakan terjadi corrupt

2. Gagal saat mengupdate operating system.

3. Saat proses rooting, kernel yang digunakan tidak sesuai.

Meniliti

1. Terdapat kerusakan pada file sehingga proses rooting gagal dilakukan.

2. Mengupdate operating system akan gagal jika internet yang digunakan tidak stabil dan storage handphone tidak mencukupi, jika gagal terjadilah boothloop atau kegagalan sistem saat proses mulai ulang handphone.

3. Proses rooting untuk mengganti versi android akan gagal karena kernel tidak sesuai dengan operating system yang digunakan.

Menyimpulkan

Jika terjadi boothloop yang dilakukan adalah masuk ke recovery mode dan melakukan flasher handphone yang tujuannya untuk merestart ulang handphone agar seperti baru pertama kali memakai, resikonya adalah kehilangan semua data handphone. Jika tidak mau terjadi boothloop atau kegagalan sistem cegah dari penyebab diatas.

Source : https://youtube.com/shorts/HkERMohiHPY?si=A0ePQDlp80LsFlIw

https://youtube.com/shorts/UAeEkh-5omY?si=CCNQZjGvxmoskuMI

[ Modified: Sunday, 14 July 2024, 9:41 AM ]
 
MOHAMMAD NUR HADI MAULANA XIJKT2
by MOHAMMAD NUR HADI MAULANA XIJKT2 - Tuesday, 5 September 2023, 9:28 AM
Anyone in the world

SEJARAH PLAYSTATION

1. Playstation - 1994

Sony pertama kali terjun pasar konsol pada tanggal 3 Desember 1994 dengan merilis PlayStation. Konsol ini menjadi konsol generasi pertama yang dimiliki oleh Sony. Sebelumnya, konsol ini telah lebih dulu diperkenalkan lewat ajang Consumer Electronics Show (CES) 1991 lalu dengan nama Play Station atau Super Disc.

Pemilihan nama tersebut karena konsol ini telah menggunakan kepingan piringan (CD) dan tidak lagi menggunakan cartridge. Saat itu Sony juga menggaet Nintendo dalam pengembangan konsolnya, tapi kerja sama ini tidak berjalan mulus.

Sony kemudian merilis konsolnya sendiri. PlayStation diluncurkan di Jepang setelah Sega merilis Sega Saturn. Hasilnya, penjualan konsol PlayStation berhasil sukses dengan antrean panjang di toko-toko. Di mana Sony menjual 100.000 unit pada hari pertama, dan kemudian dua juta unit setelah enam bulan di pasar. Sampai akhir tahun 1996, tercatat kalau lebih dari 400 judul game yang telah dikembangkan untuk konsol PlayStation. 

2. Playstation One - 2000

Enam tahun berikutnya, Sony merilis generasi PlayStation selanjutnya yang dinamai PlayStation One (PS One). PS One memiliki spesifikasi yang sama dengan generasi sebelumnya. Yang membedakan PS One dengan PlayStation adalah ukuran dan warnanya. Jika sebelumnya PlayStation memiliki warna abu-abu, maka pada PS One Sony menggantinya dengan warna putih. Ini juga sebagai pembeda dengan PlayStation 2 yang rilis pada tahun yang sama. 

PS One terakhir dijual pada akhir tahun 2006, di mana konsol generasi pertama tersebut mencetak angka penjualan sebanyak 102 juta unit. Bersamaan dengan berakhirnya produksi PlayStation dan PS One, Sony juga mengumumkan kehadiran PlayStation 3. 

3. Playstation 2 - 2000

Setelah Sega merilis konsol Sega Dreamcast, Sony juga mengumumkan generasi kedua PlayStation, yaitu PlayStation 2 di Tokyo Game Show 1999 lalu. Hingga akhirnya PS2 dirilis pada Maret 2000 untuk wilayah Jepang lebih dulu, menyusul wilayah Amerika Serikat dan Eropa pada tahun 2001. PS2 hadir dengan kombinasi warna hitam dan biru ini mengambil konsep bumi dan luar angkasa. Tercatat telah ada lebih dari 3.800 judul game yang dirilis untuk konsol PS2, dengan lebih dari 1,5 miliar unit terjual di seluruh dunia. 

Sebelum Sony telah resmi menutup dukungan teknis dan perawatannya pada tahun 2018, PS2 masih mendapatkan game baru yakni FIFA Soccer 2014/14 yang juga menjadi game terakhir untuk konsol tersebut. PlayStation 2 juga menjadi produk laris milik Sony yang sampai saat ini masih dimainkan oleh banyak orang. Penjualan PlayStation 2 meledak hingga mencapai angka 155 juta unit.

4. Playstation Slim 2 - 2004

Pada bulan September 2004, Sony meluncurkan versi baru untuk PlayStation 2, yakni PS2 Slim. Pada akhir Oktober 2004, Ini merupakan versi ramping, lebih tipis, dan lebih tenang dari versi PS2 Fat. Karena lebih tipis, PS2 Slim ini tidak mendukung hard disk drive internal. Konsol generasi ini juga tidak memiliki catu daya internal, sehingga membuatnya lebih tenang dibandingkan PS2 Fat.  

PS2 Slim tidak memiliki perbedaan spesifikasi dibandingkan PS2 Fat. Hanya saja, PS2 Slim sudah dibekali dengan port Ethernet dan mendukung fitur multitap. Karena ukuran yang lebih ramping tersebut, PS2 Slim hanya memiliki bobot sebesar 600 gram, sehingga sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. 

5. Playstation Portable - 2004

Perkembangan perangkat mobile saat itu sangat pesat. Melihat Nintendo yang sukses dengan handheld Nintendo DS, Sony akhirnya juga merilis handheld miliknya yang bernama PlayStation Portable (PSP). Meski PSP tidak mampu mencetak penjualan sebanyak konsol, namun kemunculannya berhasil membuktikan kalau Sony juga bisa membuat sebuah perangkat handheld berkualitas. Selain itu, penjualan PSP juga tidak terlalu buruk, tercatat kalau PSP berhasil terjual lebih dari 70 juta unit.

6. Playstation 3 Fat - 2006

Pada tahun 2006 Sony akhirnya merilis PlayStation 3 (PS3) di Jepang. Konsol generasi ketiga ini membawa sejumlah pembaruan yang cukup signifikan. Selain menampilkan grafis yang lebih baik karena ditunjang dengan spesifikasi yang dimiliki. Kontroler DualShock 3 pada PS3 juga sudah nirkabel. PS3 memiliki para pesaing kuat pada zaman peluncurannya. Bahkan, hingga kini kompetitor PlayStation masih gencar bersaing dengan Sony. Kompetitor PS3 pada kala itu seperti Xbox 360 dari Microsoft, dan Wii dari Nintendo. Para pengguna sudah tidak menemukan lagi fitur memory card karena PS 3 sudah dibekali hard disk di dalamnya dengan kapasitas hingga 250 GB. 

Walau membawa spesifikasi dan fitur yang lebih canggih, tapi penjualan PS3 tidak sehebat PS2. Di mana PS3 hanya berhasil terjual sebanyak lebih dari 70 juta unit saja. Ini membuat PS3 berada di posisi keempat, tepat di bawah Nintendo Wii yang berhasil terjual lebih dari 99 juta unit. 

7. Playstation 3 Slim - 2009

Karena PS3 Fat hadir dengan bentuk yang lebih besar, maka banyak gamer yang meminta Sony untuk menghadirkan versi Slim. Permintaan tersebut akhirnya terwujudkan dengan merilis PS3 Slim pada tahun 2009. Versi PS3 Slim ini lebih ramping dan memiliki konfigurasi hard drive 120 GB, 160 GB, 250 GB, atau 320 GB. Selain itu, PS3 Slim memiliki ukuran 32% lebih kecil, 36% lebih ringan, dan mengonsumsi daya 34% lebih sedikit daripada model sebelumnya.

Tapi pada versi PS3 Slim ini Sony telah menghentikan fitur compability backwards PS2 karena dinilai membuat penjualan PS3 tidak sukses. Versi PS3 Slim ini menjadi favorit karena desainnya yang dinilai lebih baik dari model Fat atau Super Slim. Bahkan dari segi daya tahan, PS3 Slim disebut jarang mengalami YLOD dibandingkan model Fat. 

8. Playstation Portable Go - 2009

Ketika era ponsel pintar mulai merebak, akhirnya Sony juga merilis handheld PSP Go. Berbeda dengan PSP sebelumnya, handheld yang rilis tahun 2009 ini memiliki bentuk yang lebih ramping dan memiliki konsep slide guna memberikan pengalaman bermain yang lebih nyaman.

Sayang, konsol ini tidaklah sukses di pasaran. Untuk memainkan gamenya, para pemain harus membelinya secara online dengan harga penuh. Padahal gamenya masih serupa PSP sebelumnya sehingga banyak dari mereka memilih untuk tetap setia pada PSP. PSP Go berhenti diedarkan pada 2011. Di tahun yang sama, Sony turut mengeluarkan versi PS3 Slim.

9. Playstation Vita - 2011

Tahun 2011 lalu, Sony akhirnya merilis handheld terbarunya yang bernama PS Vita di Jepang. Berbeda dengan PSP, handheld ini dapat memberikan grafis yang lebih tajam hingga bisa memainkan game yang lebih indah. Sebagai fitur tambahan dari PSP, Vita memiliki dua analog sticks yang terpasang pada bagian kiri dan kanan dengan didukung fitur format kartu PS Vita. PS Vita juga hadir dengan fitur Remote Play yang memungkinkan pengguna PS3 dan PS4 bisa memainkan game lewat handheld tersebut.

10. Playstation 3 Super Slim - 2012

Pada acara Tokyo Game Show 2012 lalu, Sony akhirnya memperkenalkan varian model terbaru dari konsol andalan mereka, yaitu Playstation 3 (PS3) Super Slim. Sony tidak mengubah spesifikasi jeroan Playstation 3 ini sama sekali, dan hanya mengubah bentuknya menjadi lebih “langsing” dibandingkan pendahulunya. Playstation 3 Super Slim hadir dengan ukuran 50% lebih kecil dari Playstation 3 original dan 25% lebih kecil daripada PS3 Slim. 

Peluncuran varian Super Slim ini juga tidak terlalu mendongkrak penjualan konsol PS3. Meski menjadi lebih langsing, tapi varian Super Slim disebut sebagai konsol dengan bentuk yang cukup aneh karena menggunakan tutup slide yang terkesan murahan. 

11. Playstation 4 - 2013

Di tahun 2013, Sony akhirnya merilis konsol generasi keempat miliknya yaitu PlayStation 4 (PS4). Untuk konsol yang rilis tahun 2013, PS4 masih menjadi konsol yang cukup mumpuni untuk memainkan game terbaru. PS4 sudah menggunakan teknologi yang luar biasa. Prosesor yang digunakan adalah AMD Jaguar x86-64 eight core. Lalu ada chip prosesor kedua juga buat memperlancar multitasking yang membuat pengguna bisa main sambil meng-update atau download game terbaru. 

Untuk urusan grafis tak perlu diragukan karena PS4 mampu memainkan full HD dengan sangat nyaman. Bahkan rata-rata game di PS4 memang sudah mendukung full HD.  PS4 memiliki desain yang futuristik ditambah kontroler yang futuristik juga. Sony masih mempertahankan kontroler wireless, namun kali ini kontroler PS4 memiliki touchpad yang berguna untuk mengarahkan kursor. Selain itu penampilannya juga lebih ramping dari generasi PS3.

12. Playstation 4 Slim - 2016

Setelah tiga tahun menjual PS4 Fat, akhirnya Sony menghadirkan varian PlayStation 4 (PS4) Slim pada tahun 2016. Seperti namanya, varian Slim ini merupakan varian yang paling kecil dan ramping. Sony juga menerapan desain yang lebih sederhana, di mana panel glossy sudah tidak disertakan lagi, dan power button diganti menjadi physical power button sehingga tidak akan mudah untuk tersentuh lagi.

Penampilannya kini lebih menyerupai roti lapis, dan kita tidak bisa lagi melihat garis cahaya biru saat PlayStation 4 slim ini dinyalakan. Ukuran dan beratnya juga paling kecil dibandingakan dua varian lainnya, menjadikan tipe ini paling cocok buat kamu yang tidak memiliki banyak ruang dirumahmu ataupun kosanmu.

13. Playstation 4 Pro - 2016

Era grafis 4K dan HDR membuat Sony untuk menciptakan konsol varian tertinggi yaitu PlayStation 4 Pro pada tahun 2016. PlayStation 4 Pro yang bisa dibilang merupakan tipe paling mahal diantara ketiganya. Karena tipe ini memiliki spesifikasi hardware yang lebih kuat sehingga menawarkan performa jauh melampaui dua varian konsol lainnya. 

PlayStation 4 Pro merupakan tipe dengan ukuran paling besar dan paling berat. Bentuknya hampir menyerupai PlayStation 4 Slim, namun ada lapisan baru di tengahnya yang membuatnya kini terlihat seperti roti lapis tiga. Sama seperti versi slim, tipe ini juga menggunakan physical power button dan panel glossi juga tidak disertakan lagi. 

14. Playstation Classic - 2018

Sony mengikuti jejak Nintendo yang meluncurkan kembali konsol orisinilnya dalam versi mini, yakni NES dan SNES Classic. Untuk pertama kalinya, Sony akan merilis versi mini konsol PlayStation lawas (PS1) dengan nama baru, PlayStation Classic pada tahun 2018 lalu. Dibanding versi orisinil. PlayStation Classic 2018 ukurannya menciut 45 persen. 

Desain dan warnanya, masih sama dengan konsol PS tahun 90-an. Meski memiliki desain serupa, namun ada beberapa fitur orisinil yang diperbarui. Sony juga menawarkan dua kontroler klasik PS1 yang mendukung game multiplayer setiap pembelian bundling. Konsol ini turut menghadirkan 20 game legendaris bergenre khusus secara pre-loaded, termasuk Final Fantasy VII, Tekken 3, dan Ridge Racer Type 4.

15. Playstation 5 - 2020

Di tahun 2020 ini, Sony berencana untuk merilis konsol generasi kelima miliknya, yaitu PlayStation 5 (PS5). Konsol ini disebut Sony akan memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan Xbox Series X. PS5 dilengkapi prosesor dan GPU custom dari AMD, yang menggunakan arsitektur Zen 2 serta RDNA 2. CPU-nya sama-sama memiliki 8 core, dan GPU-nya memiliki kemampuan komputasi hingga 10.28 TFLOPS. Selain itu, PS5 juga dilengkapi RAM sebesar 16 GB serta SSD 825 GB yang bisa ditambah dengan SSD jenis NVMe. 

Walau telah mengungkap spesifikasi dan bentuk kontroler DualSense, tapi Sony masih merahasiakan seperti apa bentuk konsol PlayStation 5. Sony justru lebih dulu telah menyiapkan beberapa game yang bakal dirilis untuk PlayStation 5. Tercatat saat ini ada beberapa judul game yang telah diumumkan, di antaranya; Godfall, The Lord of the Rings: Gollum, Watch Dogs: Legion, Gods and Monsters, Rainbow Six Quarantine, dan game terbaru dari Bluepoint Studios.

PERKEMBANGAN DALAM INDUSTRI

Sony PlayStation terus mengembangkan konsol game terbaru dan merilis permainan-permainan populer. Anda mungkin ingin mencari berita terbaru atau situs web resmi PlayStation untuk informasi lebih lanjut tentang perkembangan industri ini setelah tahun 2021.

[ Modified: Sunday, 14 July 2024, 9:42 AM ]
 
hidup niku digowo santuy wae mas, rasah pusing pusing
by MOCH CATUR RAMADHANI XIJKT2 - Tuesday, 5 September 2023, 8:55 AM
Anyone in the world

PERKEMBANGAN FILM

Perkembangan film memiliki perjalanan cukup panjang hingga pada akhirnya menjadi seperti film di masa kini yang kaya dengan efek, dan sangat mudah didapatkan sebagai media hiburan. Perkembangan film dimulai ketika digunakannya alat kinetoskop temuan Thomas Alfa Edison yang pada masa itu digunakan oleh penonton individual. Film awal masih bisu dan tidak berwarna. Pemutaran film di bioskop untuk pertama kalinya dilakukan pada awal abad 20, hingga industri film Hollywood yang pertama kali, bahkan hingga saat ini merajai industri perfilman populer secara global. Pada tahun 1927 teknologi sudah cukup mumpuni untuk memproduksi film bicara yang dialognya dapat didengar secara langsung, tetapi masih hitam-putih. Hingga pada 1937 teknologi film sudah mampu memproduksi film berwarna yang lebih menarik dan diikuti dengan alur cerita yang mulai populer. Pada tahun1970-an, film sudah bisa direkam dalam jumlah massal dengan menggunakan videotape yang kemudian dijual. Tahun 1980-an ditemukan teknologi laser disc, lalu VCD dan kemudian menyusul teknologi DVD. Hingga saat ini digital movie yang lebih praktis banyak digemari sehingga semakin menjadikan popularitas film meningkat dan film menjadi semakin dekat dengan keserarian masyarakat modern.

PENGERTIAN FILM

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, film dapat diartikan dalam dua pengertian. Yang pertama, film merupakan sebuah selaput tipis berbahan seluloid yang digunakan untuk menyimpan gambar negatif dari sebuah objek. Yang kedua, film diartikan sebagai lakon atau gambar hidup. Dalam konteks khusus, film diartikan sebagai lakon hidup atau gambar gerak yang biasanya juga disimpan dalam media seluloid tipis dalam bentuk gambar negatif.[1] Meskipun kini film bukan hanya dapat disimpan dalam media selaput seluloid saja. Film dapat juga disimpan dan diputar kembali dalam media digital.

SEJARAH FILM

Sejarah film tidak bisa lepas dari sejarah fotografi. Dan sejarah fotograf tidak bisa lepas dari peralatan pendukungnya, seperti kamera. Kamera pertama di dunia ditemukan oleh seorang Ilmuwan Muslim, Ibnu Haitham. Fisikawan ini pertama kali menemukan Kamera Obscura dengan dasar kajian ilmu optik menggunakan bantuan energi cahaya matahari. Mengembangkan ide kamera sederhana tersebut, mulai ditemukan kamera-kamera yang lebih praktis, bahka inovasinya demikian pesat berkembang sehingga kamera mulai bisa digunakan untuk merekam gambar gerak. Ide dasar sebuah film sendiri, terfikir secara tidak sengaja. Pada tahun 1878 ketika beberapa orang pria Amerika berkumpul dan dari perbincangan ringan menimbulkan sebuah pertanyaan: “Apakah keempat kaki cicak berada pada posisi melayang pada saat bersamaan ketika kuda berlari?" Pertanyaan itu terjawab ketika Eadweard Muybridge membuat 16 frame gambar kuda yang sedang berlari. Dari 16 frame gambar kuda yang sedang berlari tersebut, dibuat rangkaian gerakan secara urut sehingga gambar kuda terkesan sedang berlari. Dan terbuktilah bahwa ada satu momen di mana kaki kuda tidak menyentuh tanah ketika kuda tengah berlari kencang Konsepnya hampir sama dengan konsep film kartun. Gambar gerak kuda tersebut menjadi gambar gerak pertama di dunia. di mana pada masa itu belum diciptakan kamera yang bisa merekam gerakan dinamis. Setelah penemuan gambar bergerak Muybridge pertama kalinya, inovasi kamera mulai berkembang ketika Thomas Alfa Edison mengembangkan fungsi kamera gambar biasa menjadi kamera yang mampu merekam gambar gerak pada tahun 1888, sehingga kamera mulai bisa merekam objek yang bergerak dinamis. Maka dimulailah era baru sinematografi yang ditandai dengan diciptakannya sejenis film dokumenter singkat oleh Lumière Bersaudara. Film yang diakui sebagai sinema pertama di dunia tersebut diputar di Boulevard des Capucines, Paris, Prancis dengan judul Workers Leaving the Lumière's Factory pada tanggal 28 Desember 1895 yang kemudian ditetapkan sebagai hari lahirnya sinematografi. Film inaudibel yang hanya berdurasi beberapa detik itu menggambarkan bagaimana pekerja pabrik meninggalkan tempat kerja mereka di saat waktu pulang.[2] Pada awal lahirnya film, memang tampak belum ada tujuan dan alur cerita yang jelas. Namun ketika ide pembuatan film mulai tersentuh oleh ranah industri, mulailah film dibuat lebih terkonsep, memiliki alur dan cerita yang jelas. Meskipun pada era baru dunia film, gambarnya masih tidak berwarna alias hitam-putih, dan belum didukung oleh efek audio. Ketika itu, saat orang-orang tengah menyaksikan pemutaran sebuah film, akan ada pemain musik yang mengiringi secara langsung gambar gerak yang ditampilkan di layar sebagai efek suara.

Lalu, Film yang diakui sebagai sinema pertama di dunia tersebut diputar di Boulevard des Capucines, Paris, Prancis dengan judul Workers Leaving the Lumière's Factory pada tanggal 28 Desember 1895 yang kemudian ditetapkan sebagai hari lahirnya sinematografi. 

Sedangkan Film pertama yang dibuat pertama kalinya di Indonesia adalah film bisu tahun 1926 yang berjudul Loetoeng Kasaroeng dan dibuat oleh sutradara Belanda G. Kruger dan L. Heuveldorp. Film ini dibuat dengan didukung oleh aktor lokal oleh Perusahaan Film Jawa NV di Bandung dan muncul pertama kalinya pada tanggal 31 Desember, 1926 di teater Elite and Majestic, Bandung.

ALASAN PEMBUATAN FILM

Film merupakan bagian dari media komunikasi massa yang sering kali digunakan sebagai media yang menggambarkan kehidupan sosial dalam masyarakat. Film sebagai salah satu atribut media massa menjadi sarana komunikasi yang paling efektif. Film sebagai salah satu kreasi budaya, banyak yang memberikan gambaran-gambaran hidup dan pelajaran penting bagi penontonnya. Film juga menjadi salah satu media komunikasi yang yang sangat jitu. Dengan kualitas audio dan visual yang disuguhkan, film menjadi media terpaan yang sangat ampuh bagi pola pikir kognitif masyarakat.

Menurut Wibowo, film adalah alat untuk menyampaikan berbagai pesan kepada khalayak melalui media cerita. Film juga merupakan medium ekspresi artistik sebagai suatu alat para seniman dan insan perfilman dalam rangka mengutarakan gagasan-gagasan dan ide cerita. Secara esensial dan subtansial film memiliki power yang akan berimplikasi terhadap komunikan masyarakat.

Sebelum adanya film, masyarakat pada jaman dahulu menyaksikan hiburan lewat Theater/Drama/Panggung Sandiwara yang hanya bisa disaksikan oleh orang orang tertentu saja, seperti Raja/Ratu, Pemerintah dan Orang Yang Berkuasa Pada Jaman Itu, tetapi lama kelamaan di realisasikan menjadi Film yang bisa dilihat untuk semua Khalayak Umum.

Film juga termasuk dalam dunia Industri yaitu Industri Kreatif, karena memiliki potensi besar pada pengembangan ekonomi kreatif.

INDUSTRIALISASI FILM

STUDIO BESAR INDUSTRI FILM

Terdapat delapan produser film raksasa yang selama ini sudah merajai industri perfilman dunia, di antaranya

  • Columbia
  • Fox
  • MGM
  • Paramount
  • Universal
  • Warner Brothers
  • Buena Vista (Disney)
  • TriStar (Sony)[2]

Mereka merupakan bagian dari integrasi vertikal konglomerasi yang mendominasi distribusi dan produksi film. Masing-masing perusahaan memiliki kemampuan untuk memproduksi 15 hingga 25 film setiap tahun. Namun sesungguhnya perusahaan produksi film tersebut telah mengurangi produktivitasnya dengan memproduksi lebih sedikit film pada kisaran tahun 2008-2009 dan menjadi lebih konservatif dan berhati-hati dalam segala keputusan distribusi dan produksi mereka. Sekarang, perusahaan besar berani menginvestasikan rata-rata sekitar US$66.000.000 perfilm, ditambah biaya pengiklanan dan promosi sekitar rata-rata US$36.000.0000.[2]

Nama-nama aktor dan sutradara papan atas juga menjadi perhitungan sumber profit mereka yang dipersentasikan melalui permintaan pasar. Nama besar aktor seperti Johnny Depp misalnya, yang mampu menghasilkan US$ 50.000.000 pada akhir kesusksesan sebuah film serta tambahan keuntungan sekitar US$ 20.000.000 hanya dengan penampilannya saja. Maka angka pertaruhannya sangat tinggi, sehingga tuntutan untuk mampu memproduksi film-film big hits menjadi sangat besar.

Sebuah perusahaan muda, DreamWorks, yang dirintis oleh Steven Spielberg pada 1995 kini juga sudah menuai sukses dalam bidang film animasi, tetapi masih harus menghadapi persaingan ketat dalam pangsa yang lain. Kesuksesan produksi film Shrek dan Madagascar kontan menjadikan DreamWorks sebagai kompetitor yang layak diperhitungkan oleh PixarStudio, yang memproduksi film-film animasi populer, terutama film-film animasi keluaran Disney.[2]

PRODUKSI FILM INDEPENDEN

Kebanyakan film keluaran tahun 2009 tidak lagi hanya diproduksi dalam studio. Banyak yang mulai memproduksi film-film independen (indie). Meski begitu, jarang dari mereka yang sukses didistribusikan ke pasaran. Sekitar 900 film independen diproduksi di Amerika pada tahun 2009. Namun hanya 500 film di antaranya yang benar-benar didistribusikan dan dipasarkan. Jadi, bagi sutradara film-film indie sendiri, target utamanya adalah berhasil mendistribusikan film mereka. Soal finansial, film indie biasanya tidak memakai terlalu banyak biaya. Sehingga keuntungan finansial bukan menjadi target utama pembuatan film indie.[2]

[ Modified: Sunday, 14 July 2024, 9:40 AM ]
 
Anyone in the world

PROFESI 1

Cyber Security

Tugas

Penetration testing, intrusion detection, security incident management, identity and access management, security policy development, security awareness training, malware analysis, data encryption, secure software development, patch management, security monitoring, security event analysis.

Pendapatan

11 - 17 Juta/bulan.

Suka

Permintaan tinggi, gaji yang menjajikan, tantangan intelektual, kemanjuran, pengembangan profesional.

Duka

tekanan dan tanggung jawab besar, waktu luang terbatas, perubahan konstan, beban mental emosional, tantangan komunikasi, bersifat reaktif.

PROFESI 2

Konsultan Enterprise Resouce Planning

Tugas

Analisis kebutuhan bisnis, pemilihan solusi ERP, perencanaan implementasi, konfigurasi dan pengaturan, pengujian dan validasi, pelatihan pengguna, integrasi dengan sistem yang ada, pemantauan dan dukungan, pemahaman industri, manajemen proyek, evaluasi dan peningkatan.

Pendapatan

RP 102.000.000/tahun.

Suka

kontribusi terhadap perusahaan positif, belajar tentang industri beragam, pengembangan ketrampilan analitis, interaksi dengan berbagai pihak, tantangan intelektual, potensi gaji yang baik.

Duka

tantangan implementasi, reistensi terhadap perubahan, jadwal kerja yang fleksibel, tantangan teknis dan solusi masalah, perubahan kebijakan bisnis, tekanan dan tanggung jawab.

PROFESI 3

Content Creator

Tugas

Mereview sebuah teknologi yang bisa berupa smartphone, laptop, smartwatch, computer, dan lain sebagainya. Tujuannya untuk memberitahu dan mengedukasi kepada audience tentang barang yang sedang dibahas, apakah worth it atau tidak.

Pendapatan

RP 184 juta - 2,94 miliar/bulan.

Suka

Memiliki akses awal ke produk teknologi terbaru, bisa mendapatkan barang tersebut secara free, memiliki banyak fans.

Duka

Perlu menjaga konsistensi konten, menghadapi tekanan untuk mendapatkan ulasan berkualitas, bersaing dalam pasar yang semakin ramai.

[ Modified: Sunday, 14 July 2024, 9:42 AM ]