Site blog

PUTRI FIRA LESTARI XIJKT2
by PUTRI FIRA LESTARI XIJKT2 - Sunday, 28 July 2024, 1:24 PM
Anyone in the world

Kelebihan Dunia Maya

1. Akses Informasi yang Luas

Internet menyediakan akses tak terbatas ke berbagai informasi. Dari artikel ilmiah hingga tutorial video, pengguna dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan mereka dan mempelajari topik baru.

2. Kemudahan Komunikasi

Internet memungkinkan komunikasi instan melalui email, pesan instan, dan media sosial. Orang-orang dapat berhubungan dengan keluarga, teman, dan kolega di seluruh dunia dengan mudah.

3. Peluang Bisnis dan Ekonomi

Internet membuka peluang baru untuk bisnis, seperti e-commerce, pemasaran digital, dan pekerjaan jarak jauh. Perusahaan dapat menjangkau pasar global dan individu dapat menemukan peluang pekerjaan yang fleksibel

4. Edukasi dan Pembelajaran

Banyak platform pendidikan online yang menyediakan kursus dan sertifikasi. Akses ke perpustakaan digital dan sumber daya pendidikan lainnya membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

5. Hiburan Tanpa Batas

Streaming musik, film, dan permainan online menyediakan berbagai opsi hiburan yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Kekurangan Dunia Maya

1. Ancaman Keamanan

Internet membawa risiko keamanan seperti malware, phishing, dan hacking. Data pribadi dan informasi sensitif bisa dicuri atau disalahgunakan.

2. Masalah Privasi

Banyak data pribadi yang dikumpulkan dan dilacak oleh berbagai layanan online. Ini bisa menyebabkan masalah privasi jika data tersebut jatuh ke tangan yang salah.

3. Kecanduan dan Dampak Psikologis

Penggunaan berlebihan media sosial dan permainan online dapat menyebabkan kecanduan, mengganggu kehidupan sehari-hari, dan berdampak negatif pada kesehatan mental

4. Penyebaran Informasi Palsu

Internet memudahkan penyebaran berita palsu dan informasi yang menyesatkan. Ini bisa mempengaruhi pandangan dan keputusan seseorang.

5. Isolasi Sosial

Meskipun internet memfasilitasi komunikasi, penggunaan berlebihan bisa menyebabkan isolasi sosial karena kurangnya interaksi tatap muka.

Kesimpulan

Dunia maya menawarkan banyak peluang dan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan, tetapi juga membawa tantangan dan risiko. Dengan memahami kelebihan dan kekurangan internet, serta menerapkan praktik penggunaan yang bijak, kita dapat memaksimalkan manfaatnya sambil meminimalkan dampak negatifnya. Mari kita beradaptasi dengan era digital ini dengan cara yang aman, efisien, dan bertanggung jawab.

[ Modified: Monday, 29 July 2024, 8:37 AM ]
 
Anyone in the world

Dunia Maya

Dunia maya telah menjadi bagian yang sangat penting di kehidupan saya, dan mungkin juga bagi sebagian besar orang, saya biasanya menghabiskan sebagian besar waktu saya di dunia maya di dalam game yang bernama Dota 2 yang memiliki genre MOBA 5v5 dengan ratusan hero yang berbeda yang memungkinkan untuk melakukan kombinasi hero satu dengan hero yang lain.

Dota 2 Logo - Company Logo Downloads

Menemukan Hal Baru di Dota 2

Selama saya bermain Dota 2 saya menemukan banyak hal baru seperti cara menggunakan item-item nya, belajar cara mekanisme hero-nya, cara membeli item, kombinasi item untuk hero-nya dan lain-lain. Saya juga banyak mempelajari hal baru dari Dota 2 yaitu kebersamaan atau kerja sama yang dilakukan dalam satu tim, dengan kerja sama yang hebat saya bisa memenangkan match atau pertandingan tersebut lebih mudah.

Suka & Duka Bermain Dota 2

Dari bermain Dota 2 tentu saya juga memiliki suka dan duka dari bermain Dota 2 yaitu adalah hal berikut ini:

Suka :

  1. Bekerja Sama : Saya dapat mempelajari bahwa bekerja sama itu sangat penting dan dapat mempengaruhi pertandingan, jika kami gagal untuk melakukan bekerja sama kami akan memiliki probabilitas untuk kalah lebih tinggi.
  2. Bahasa : Dari Dota 2 saya dapat belajar bahasa inggris dikarenakan mayoritas orang orang disana berkomunikasi dengan bahasa inggris, karena itu saya juga mendapatkan banyak ilmu untuk berbahasa inggris.
  3. Komunitas : Komunitas yang ada di Dota 2 sangat banyak yang terpencar di segala macam negara, dari Indonesia sendiri,dari china,amerika,argentina,polandia,russia, dan lain lain. dan komunitas-komunitas itu sangat ramah dan juga dapat membuat saya bisa mempelajari lebih lanjut cara berkomunikasi dengan bahasa inggris(karena bahasa yang digunakan biasanya bahasa inggris).
  4. Skin Hero : Pada game Dota 2 juga terdapat skin yang membuat hero terlihat menjadi lebih menarik dan lebih keren saya memiliki cukup banyak skin dan skin ini adalah favorit saya

Image

Duka :

  1. Tim yang Tidak Kompak : Terkadang saya bertemu dengan tim yang tidak bisa kompak, dan membuat saya kesal karena tidak bisa bermain dengan benar, dan karena hal itu biasanya pertandingannya menjadi kalah yang membuat saya menjadi merasa tidak nyaman bermain.
  2. Membutuhkan Spesifikasi Komputer yang lumayan : Untuk mendapatkan FPS (Frame rate Per Second) yang cukup tinggi atau kelancaran game membutuhkan speisifikasi yang lumayan tinggi agar dapat merasakan sensasi game dengan lebih nikmat dan lebih jernih untuk dilihat (HD).
  3. Memakan Waktu : Dota 2 cukup memakan waktu dikarenakan satu pertandingan All Pick biasanya 40 menit hingga 1 jam lebih dan pertandingan tersebut tidak bisa di-pause atau diberhentikan karena Dota 2 adalah game online, namun ada mode Turbo yang membuat durasi gamenya menjadi lebih singkat, namun tetap cukup memakan waktu karena mode turbo biasanya memakan waktu 20-45 menit.

Berikut adalah pengalaman,suka & duka saya bermain Dota 2

[ Modified: Friday, 26 July 2024, 8:40 AM ]
 
WAHYUADI PUTRA PRAMANA XIJKT2
by WAHYUADI PUTRA PRAMANA XIJKT2 - Friday, 26 July 2024, 7:53 AM
Anyone in the world
Dunia maya dalam konteks game online

 merujuk pada lingkungan digital yang dirancang untuk bermain game melalui internet. Ini adalah ruang virtual tempat pemain dapat berinteraksi dengan game, lingkungan dalam game, dan pemain lain. Berikut adalah beberapa aspek utama dari dunia maya dalam game online:

  1. Lingkungan Virtual
    Dunia maya dalam game online biasanya mencakup peta, level, atau dunia yang dirancang secara digital di mana pemain dapat menjelajah, bertarung, atau berkolaborasi. Contohnya adalah dunia dalam game seperti "World of Warcraft" atau "Fortnite".
  2. Multiplayer
    : Game online memungkinkan banyak pemain dari berbagai lokasi geografis untuk bermain bersama dalam satu sesi permainan. Ini menciptakan pengalaman bermain yang sosial dan kolaboratif.
  3. Interaksi Sosial
    : Pemain dapat berkomunikasi melalui teks, suara, atau video dalam game. Banyak game online memiliki fitur seperti guild, klan, atau tim di mana pemain dapat bergabung dan berinteraksi lebih dekat.
  4. Ekonomi dalam Game
    : Beberapa dunia maya dalam game online memiliki ekonomi virtual di mana pemain dapat membeli, menjual, atau berdagang item dalam game menggunakan mata uang dalam game atau bahkan uang nyata.
  5. Avatar dan Karakter
    : Pemain biasanya memiliki avatar atau karakter yang mewakili mereka dalam dunia maya. Pemain dapat memodifikasi atau meningkatkan karakter ini seiring berjalannya permainan.
  6. Komunitas dan Forum
     : Selain berinteraksi dalam game, banyak game online memiliki komunitas aktif di luar game, seperti forum, grup media sosial, dan platform streaming di mana pemain dapat berbagi tips, strategi, dan pengalaman.
  7. Event dan Update
    : Pengembang game seringkali menyelenggarakan event khusus dalam game dan merilis pembaruan atau konten baru untuk menjaga dunia maya tetap dinamis dan menarik bagi pemain.
  8. Realitas Virtual (VR)
    : Beberapa game online menggunakan teknologi VR untuk menciptakan pengalaman yang lebih immersive, memungkinkan pemain merasa seolah-olah mereka benar-benar berada dalam dunia game.

Contoh populer dari dunia maya dalam game online termasuk "Mobile legend" "AOV" "crisis action" "clash of clans". Dunia maya ini menawarkan berbagai pengalaman yang dapat dinikmati oleh berbagai jenis pemain, dari petualangan epik.

Terutama dengan game "Mobile legend"

Mobile legend adalah game yang saya mainkan dari saya kecil, saya sekarang sering memainkan game mobile legend adalah game yang menemani saya dari tahun ke tahun, dan sempat berhenti main dikarenakan device yang tidak mendukung

[ Modified: Thursday, 1 August 2024, 7:28 AM ]
 
by KARINA XIJKT2 - Friday, 26 July 2024, 7:16 AM
Anyone in the world

Saya takut dengan jejak digital, karena dari dulu sampai sekarang saya suka upload foto dan video di sosmed, saya tidak bisa menghapus foto dan video saya di akun saya yang lama, karena saya lupa password nya.

Di dunia maya kita harus selalu berhati hati, karena di dunia maya orang' yang kalian kenal maupun yang tidak kalian kenal bisa mengambil foto dan video kalian tanpa izin, setelah itu mereka bisa saja mengedit foto dan video kalian menjadi aneh' (porno).

Saya pernah mengalami hal yang tidak mengenakkan saat bermain sosmed, contoh nya waktu itu saya di spam nomor tidak di kenal, dan dia juga mengirimkan foto dan video porno ke saya.

Pendapat saya tentang dunia maya yaitu kurang baik untuk anak di bawah umur, apalagi yang tidak dalam pengawasan orang tua, harus selalu waspada dengan dunia maya dan selalu gunakan media sosial dengan baik agar tidak terjerumus ke hal-hal yang tidak baik.

 
Anyone in the world

(WHAT) Apa Sih Cyber Internet atau Dunia Maya ?

Dunia maya (atau disebut juga Ruang Siber atau mayantara, Bahasa Inggris” (cyberspace) adalah media Elektronik dalam Jaringan Komputer yang banyak dipakai untuk keperluan komunikasi satu arah maupun timbal-balik secara Daring (dalam aspek jaringan atau terhubung langsung). Dunia maya merupakan integrasi dari berbagai peralatan Teknologi Komunikasi dan Jaringan Komputer (sensor, tranduser, koneksi, transmisi, prosesor, signal, pengendalian) yang dapat menghubungkan peralatan komunikasi (komputer, telepon genggam, instrumentasi elektronik, dan lain-lain) yang tersebar di seluruh penjuru dunia secara interaktif.

(WHO) Siapa saja yang terlibat dalam Cyber Internet atau Dunia Maya ?

Kegiatan dalam Cyber Internet atau Dunia Maya berpengaruh pada perilaku Pengguna (User atau NPC) yang menggunakan Perangkat Elektronik. Perilaku tersebut bisa menimbulkan Hasil yang berbeda – beda seperti saat Anda memainkan video game pemain tunggal, karakter Anda adalah karakter utama (atau karakter yang dapat dimainkan).

Sedangkan ada Karakter lain yang berinteraksi dengan Anda dalam game biasanya adalah karakter yang tidak dapat dimainkan, atau NPC. Mereka biasanya hanya mengulangi kalimat-kalimat terekam dari sebuah naskah, dan mereka biasanya tidak agresif atau mampu melawan.

(Where) Dimana saja Cyber Internet atau Dunia Maya berinteraksi ?

Cyber Internet atau Dunia Maya Sangat bisa Diakses dari mana saja, Namun memiliki hambatan tertentu salah satunya Internet (lakuran bahasa Inggris dari interconnected network, arti harfiah : "Jaringan yang saling berhubungan") adalah Sistem Jaringan Komputer yang saling terhubung secara Global dengan menggunakan paket Protokol Internet (TCP/IP) untuk menghubungkan Perangkat di seluruh dunia. Ini adalah Jaringan dari jaringan yang terdiri dari Jaringan Privat, Publik, Akademik, Bisnis, dan Pemerintah Lokal ke Lingkup Global, dihubungkan oleh beragam Teknologi Elektronik, Nirkabel, dan Jaringan Optik.

Internet Hacker 1

(When) Kapan sih Cyber Internet atau Dunia Maya berinteraksi ?

Cyber Internet atau Dunia Maya dapat dilaksanakan Bebas tergantung oleh Pengguna yang menggunakan Perangkat Elektronik. Banyak Pengguna Cyber Internet atau Dunia Maya di Indonesia menghabiskan waktu sekitar 8 jam 36 menit dalam penggunaan internet. Bahkan menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengumumkan jumlah pengguna internet Indonesia tahun 2024 mencapai 221.563.479 jiwa dari total populasi 278.696.200 jiwa penduduk Indonesia tahun 2023.

(Why) Kenapa Cyber Internet atau Dunia Maya bisa terbatasi ?

Cyber Internet atau Dunia Maya bisa menjadi batas yang berasal dari Pengguna Cyber Internet sendiri dengan memilih untuk menyesuaikan Kebutuhan melalui Beberapa Aplikasi dan Sistem Program yang dibutuhkan. Bahkan pelaku industri dan bisnis mulai menganggap keamanan siber sebagai bagian integral dari manajemen risiko dan mulai meningkatkan investasi untuk mencegah ancaman dan sebagai langkah-langkah dalam memperkuat sistem keamanan, khususnya dalam strategi mendeteksi ancaman dan respons lanjutan setelah serangan siber. Namun, meskipun kesadaran akan keamanan siber meningkat, hal ini belum tersebar luas di seluruh sektor bisnis dan industri.

Gambar HACKER FF

(How) Bagaimana Cyber Internet atau Dunia Maya bisa Berinteraksi bahkan menjadi Kejahatan ?

Cyber Internet atau Dunia Maya dalam kehidupan sehari-hari kita, pastinya tidak dapat dipisahkan lagi dari Dunia Digital dan Internet. Hal tersebut dikarenakan penggunaan media sosial dan internet yang sangat memudahkan kegiatan kita dalam segala aspek. Akan tetapi disamping penggunaan media sosial yang sangat bermanfaat, ada dampak negatif yaitu Cyber Crime. Cyber Crime adalah suatu tindakan kejahatan yang berkaitan dengan komputer maupun Perangkat Jaringan, biasanya kejahatan ini dilakukan secara online. bahkan kejahatan Cyber ini bisa menargetkan siapa saja, Jika kalian menjadi salah satu korbannya, tentu akan mengakibatkan banyak merugikan. Bahkan berpengaruh pada kondisi mental hingga kerugian secara finansial. Yang pastinya Serangan Cyber Crime bertujuan untuk merusak atau mendapatkan kontrol atau akses ke dokumen dan sistem penting dalam jaringan komputer bisnis atau pribadi.

Apa saja jenis serangan dan ancaman cyber?

  • Malware

Malware

Malware, atau program jahat, disamarkan sebagai program atau lampiran email tepercaya (yaitu dokumen terenkripsi atau folder file) untuk menyebar virus dan memungkinkan peretas masuk ke jaringan komputer. Jenis serangan cyber ini sering kali mengganggu seluruh jaringan TI. Beberapa contoh program jahat adalah trojan, spyware, worm, virus, dan adware.

  • Scripting lintas situs (XSS)

    Scripting lintas situs

Scripting lintas situs (XSS) terjadi ketika penjahat cyber mengirimkan tautan situs web yang “diinjeksi dengan script” atau berisi spam ke kotak masuk Anda, yang ketika dibuka akan mengirimkan informasi pribadi ke penjahat tersebut.

  • Ransomware

Ransomware

Ransomware adalah sejenis program jahat, atau malware, yang mengancam korban dengan menghancurkan atau memblokir akses ke data atau sistem penting hingga tebusan dibayar.

[ Modified: Friday, 26 July 2024, 8:42 AM ]
 
by ANDI TRI PRASETYO XIJKT2 - Thursday, 25 July 2024, 8:59 AM
Anyone in the world

Dunia maya, atau cyberspace, mengacu pada lingkungan virtual yang dihasilkan oleh jaringan komputer, di mana berbagai informasi, komunikasi, dan aktivitas interaktif terjadi. Di dalam dunia maya, pengguna dapat mengakses internet, berkomunikasi melalui media sosial, mengelola bisnis online, dan banyak lagi, semuanya melalui perangkat digital.

Cyberspace juga menyatukan setiap layanan dan fasilitas yang dapat dibayangkan untuk mempercepat pencucian uang. Seseorang dapat membeli kartu kredit anonim, rekening bank, telepon seluler global terenkripsi, dan paspor palsu. Dari sana seseorang dapat membayar penasihat profesional untuk mendirikan IBC (Perusahaan Bisnis Internasional, atau perusahaan dengan kepemilikan anonim) atau struktur serupa di OFC (Pusat Keuangan Lepas Pantai). Penasihat seperti itu enggan mengajukan pertanyaan mendalam tentang kekayaan dan aktivitas klien mereka, karena biaya rata-rata yang dibayarkan penjahat untuk mencuci uang mereka bisa mencapai 20 persen.

Dunia Maya dapat digunakan sebagai pengalaman sosial, individu dapat berinteraksi, bertukar pikiran, berbagi informasi, memberikan dukungan sosial, melakukan bisnis, tindakan langsung, membuat media artistik, bermain game, terlibat dalam diskusi politik, dan sebagainya.

Selain itu, dunia maya mencakup berbagai platform dan aplikasi, seperti media sosial, situs web, forum, blog, dan layanan streaming, yang semuanya memberikan berbagai bentuk konten dan layanan kepada pengguna. Keamanan dan privasi juga menjadi perhatian utama di dunia maya, mengingat adanya ancaman seperti malware, peretasan, dan pencurian identitas.

[ Modified: Thursday, 1 August 2024, 7:25 AM ]
 
Anyone in the world

Di tengah maraknya penggunaan media sosial seperti TikTok, saya mengalami pengalaman yang cukup berkesan saat pertama kali terjun ke dalam dunia Maya ini. Awalnya, saya mengenal TikTok ketika pandemi Covid-19 melanda. Melalui platform ini, saya memperoleh akses yang lebih luas terhadap informasi dari seluruh dunia. Saya dapat dengan cepat memperoleh berita terbaru, tren, dan konten-konten inspiratif yang memotivasi saya untuk mencapai kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan.

Namun, seperti halnya setiap teknologi, TikTok juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah kekurangannya menurut saya:

Salah satunya adalah manajemen waktu yang kurang efisien. Saya sering kali terjebak dalam menjelajahi berbagai konten yang tersedia, sehingga menghabiskan waktu lebih dari yang seharusnya. Selain itu, ada juga masalah keakuratan informasi, di mana banyak konten yang tersebar belum diverifikasi kebenarannya. Hal ini mengajarkan saya untuk lebih kritis dalam menyaring informasi sebelum mengambil kesimpulan atau bertindak berdasarkan apa yang saya lihat di TikTok.

Tidak hanya itu, saya juga semakin sadar akan potensi penyalahgunaan dunia Maya. TikTok sebagai salah satu platform besar memiliki pengguna yang beragam, termasuk di antaranya yang memanfaatkannya untuk tujuan yang tidak sesuai atau bahkan merugikan. Pengalaman ini mengingatkan saya akan pentingnya menghadirkan konten yang positif dan membangun serta menggunakan platform secara bertanggung jawab.

Secara keseluruhan, TikTok telah memberikan pengaruh yang signifikan dalam hidup saya. Dari sini, saya belajar banyak tentang bagaimana teknologi dapat memengaruhi cara kita memperoleh informasi, berinteraksi dengan orang lain, dan mengelola waktu dengan lebih efisien. Pengalaman ini juga membantu saya memahami pentingnya sikap kritis terhadap informasi dan etika dalam bermedia sosial.

[ Modified: Thursday, 1 August 2024, 8:20 AM ]
 
AQSHA PANGGALEH ANANDA M XIJKT2
by AQSHA PANGGALEH ANANDA M XIJKT2 - Thursday, 25 July 2024, 8:48 AM
Anyone in the world

Hiburan dalam konteks modern sangat sering dikaitkan dengan streaming

yaitu proses mengalirkan konten digital seperti film, acara TV, musik, atau video langsung ke perangkat kita melalui internet. Hiburan ini bisa diakses di rumah maupun di luar rumah menggunakan berbagai perangkat seperti televisi pintar, komputer, tablet, atau ponsel pintar. Streaming telah mengubah cara kita menikmati hiburan, memberikan fleksibilitas dan kenyamanan tanpa batas.

Streaming bekerja dengan cara

mengirimkan data dalam bentuk potongan-potongan kecil yang disebut "buffer" ke perangkat pengguna. Ketika kita menonton film atau mendengarkan musik secara streaming, data tersebut dikirim dari server penyedia layanan seperti Netflix, YouTube, atau Spotify ke perangkat kita. Server ini menyimpan konten yang diinginkan dan mengalirkannya ke pengguna melalui jaringan internet. Proses buffering memastikan bahwa konten dapat diputar dengan lancar tanpa gangguan, asalkan koneksi internet stabil.

Di rumah, streaming memungkinkan kita untuk menikmati berbagai jenis hiburan tanpa perlu bergantung pada jadwal siaran televisi tradisional. Dengan layanan streaming, kita bisa menonton film favorit, serial terbaru, atau mendengarkan musik kapan saja kita mau. Perangkat seperti televisi pintar, kotak set-top, atau konsol game sering digunakan untuk men-streaming konten di layar yang lebih besar, memberikan pengalaman menonton yang lebih imersif. Selain itu, dengan adanya fitur seperti pause dan rewind, kita memiliki kontrol penuh atas apa yang kita tonton.

Ketika kita berada di luar rumah, perangkat mobile seperti ponsel dan tablet memungkinkan kita untuk tetap menikmati hiburan melalui streaming. Misalnya, saat dalam perjalanan atau sedang menunggu, kita bisa menonton video di YouTube, mendengarkan podcast di Spotify, atau men-streaming acara TV di aplikasi layanan streaming. Konektivitas internet, baik melalui Wi-Fi atau jaringan seluler, adalah kunci utama yang memungkinkan kita mengakses hiburan ini di mana saja dan kapan saja. Dengan teknologi yang semakin canggih, kualitas streaming juga semakin baik, memungkinkan kita menikmati konten dengan resolusi tinggi dan tanpa gangguan.

[ Modified: Thursday, 25 July 2024, 8:35 PM ]
 
MOHAMMAD NUR HADI MAULANA XIJKT2
by MOHAMMAD NUR HADI MAULANA XIJKT2 - Thursday, 25 July 2024, 8:41 AM
Anyone in the world

Dunia maya, atau internet, bekerja melalui jaringan komputer yang saling terhubung di seluruh dunia. Menggunakan protokol seperti IP dan TCP, serta DNS untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP, internet memungkinkan komputer berkomunikasi satu sama lain. Router dan switch berperan mengarahkan paket data melalui jaringan, sementara server menyimpan dan menyediakan informasi yang diminta oleh klien. Protokol HTTP/HTTPS memungkinkan transfer data di web dengan aman, dan ISP menyediakan koneksi internet kepada pengguna.

Internet menawarkan banyak kelebihan, seperti akses mudah dan cepat ke informasi, komunikasi instan melalui berbagai platform, sumber daya pendidikan online, kemudahan berbelanja dari rumah, dan akses ke berbagai bentuk hiburan. Selain itu, internet mendukung bisnis dan e-commerce, memungkinkan kolaborasi dan kerja jarak jauh, serta menawarkan banyak aplikasi dan layanan online. Namun, internet juga memiliki kekurangan seperti risiko keamanan dan privasi, penyebaran informasi palsu, kecanduan internet, kejahatan siber, ketergantungan teknologi, gangguan kesehatan, dan akses mudah ke konten tidak pantas.

Keberadaan dunia maya dimungkinkan oleh penemuan komputer, pengembangan jaringan komputer, dan inovasi seperti protokol TCP/IP dan World Wide Web. Browser web dan komersialisasi internet membuatnya lebih mudah diakses oleh publik. Infrastruktur global seperti kabel serat optik dan teknologi nirkabel memungkinkan internet menjangkau hampir seluruh dunia. Inovasi teknologi dan aplikasi serta layanan online terus mendorong penggunaan internet lebih lanjut.

Meskipun internet menawarkan banyak manfaat, ada aspek yang tidak disukai oleh sebagian orang, seperti akses ke video-video tidak pantas yang dapat diakses oleh anak-anak tanpa pengawasan. Pentingnya pengawasan orang dewasa menjadi krusial untuk melindungi anak-anak dari konten yang tidak pantas. Langkah-langkah seperti penggunaan kontrol orang tua, pengaturan privasi dan keamanan, pengawasan langsung, edukasi, pemanfaatan aplikasi khusus anak, dan diskusi terbuka dengan anak dapat membantu mengatasi masalah ini. Dengan langkah-langkah ini, risiko dari penggunaan internet dapat diminimalkan, sementara manfaatnya tetap bisa dinikmati.

[ Modified: Thursday, 25 July 2024, 8:52 AM ]
 
ELLA APRILIA BUNGA DEWI XIJKT2
by ELLA APRILIA BUNGA DEWI XIJKT2 - Thursday, 25 July 2024, 8:36 AM
Anyone in the world

Bagaimana dunia maya menurut mu?

Dari sekian banyak hal yang dapat kita lakukan di dunia maya, apakah semua hal tersebut baik dan aman bagi kita, penggunjung setia dunia maya. Pada dasarnya, hanya perlu memiliki koneksi internet untuk dijadikan tiket masuk menuju dunia maya dan kita semua dapat menikmati fasilitasnya, oleh karena itu tidak sedikit orang yang memafaatkan dunia maya secara negatif. Tetapi tidak sedikit pula yang menggunakannya secara benar dan sesuai dengan aturannya. Berikut adalah sesuatu yang tidak saya sukai dari dunia maya :

1. Kejahatan Siber (Cybercrime)

Internet memberikan celah bagi pelaku kejahatan untuk mencuri data, melakukan penipuan, pembajakan, dan lain-lain. 

Ini dapat mengancam keamanan data pribadi dan keuangan kita. Serangan siber dapat merusak reputasi dan menimbulkan kerugian finansial yang signifikan.

1

2. Pencarian Data Pribadi

Dunia maya rentan terhadap pencurian data pribadi, seperti informasi kartu kredit, alamat, atau nomor telepon. Hal ini dapat menyebabkan kerugian finansial dan masalah keamanan. 

Perlindungan data pribadi menjadi sangat penting, dan pengguna harus berhati-hati saat berbagi informasi online.

3. Risiko Pecurian dan Penipuan

Internet juga rentan terhadap berbagai jenis pencurian, seperti carding atau penipuan online lainnya. 

Pengguna harus selalu waspada terhadap tautan atau situs web yang mencurigakan untuk menghindari kerugian finansial atau keamanan. Kehati-hatian dalam berinteraksi dan bertransaksi online sangatlah penting.

4. Kecanduhan belanja

1

Kemudahan berbelanja online dapat menyebabkan kecanduan berbelanja, yang berdampak buruk pada keuangan pribadi dan kehidupan sehari-hari. 

Kecanduan belanja online juga bisa menimbulkan masalah utang yang serius.

5. Radiasi Elektronik

Penggunaan internet yang berlebihan dapat mengakibatkan paparan radiasi dari perangkat elektronik, seperti laptop atau smartphone. 

1

Meskipun dampaknya masih perlu diteliti lebih lanjut, hal ini bisa berdampak negatif pada kesehatan jangka panjang.

6. Fear of Missing Out (FOMO)

 kondisi di mana seseorang takut merasa tertinggal dari orang lain, dalam hal ini informasi yang ada di media sosial.

7. Narcissistic Personality Disorder

Kondisi di mana seseorang selalu ingin memposting foto selfie dirinya baik di Facebook, Instagram dan Twitter.

Dunia maya berisi banyak hal yang menyenangkan setiap kita lelah pasti kita akan lari mencari gawai dan mencari kesenangan didalamnya. Sayangnya, hal ini menyebabkan dampak buruk di lain hari jika kesenangan itu kita cari secara berlebihan.

8. Rentan Terhadap Hoaks, Penipuan Sampai Tindakan Kriminal

1

Saat kamu membaca kutipan berita yang ada di internet apakah terpikir bahwa, berita yang baru saja kamu baca benar terjadi atau tidak? Siapa jurnalisnya? Siapa yang diwawancarai? Pertanyaan dari kalimat di atas menunjukkan bahwa segala sesuatu yang di internet tidak semuanya benar. Banyak orang yang menyebarkan berita bohong, banyak yang tertipu saat transaksi online seperti barang rusak atau tidak sesuai dengan gambar di toko tersebut.

Kesimpulan :

Untuk menghadapi kekurangan ini, kita perlu menggunakan internet dengan bijak, mengambil langkah-langkah keamanan yang tepat, dan membatasi penggunaan agar seimbang dengan kehidupan offline demi menjaga keseimbangan dan kesejahteraan pribadi.

1

Penting untuk menggunakan internet dengan bijak, mengambil langkah-langkah keamanan yang tepat, dan membatasi penggunaan agar seimbang dengan kehidupan offline agar kita dapat menjaga keseimbangan dan kesejahteraan pribadi.

Dengan memahami manfaat dan risiko internet, kita dapat memanfaatkannya secara positif sambil menjaga diri dari potensi masalah yang dapat timbul. Internet adalah alat yang kuat, dan cara kita menggunakannya akan sangat mempengaruhi pengalaman dan kehidupan kita.

[ Modified: Friday, 26 July 2024, 8:17 AM ]