Site blog

Anyone in the world

Profil Universitas Negeri Malang

 rektorat 1

Universitas Negeri Malang (UM) adalah Universitas Negeri yang terletak di Malang dan Blitar, Jawa Timur, Indonesia. UM didirikan pada 18 Oktober 1954, awalnya sebagai Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Malang. Kemudian menjadi IKIP Malang (1964–1999), menjadikannya salah satu IKIP tertua di Indonesia sebelum bertransformasi menjadi Universitas Negeri Malang pada tahun 1999.


UM terdiri dari 10 Fakultas dan Sekolah Pascasarjana, menawarkan 140 program studi. Fakultas-fakultas tersebut meliputi :

A.     Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)

B.      Fakultas Sastra (FS)

C.      Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

D.     Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB)

E.      Fakultas Teknik (FT)

F.       Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK)

G.     Fakultas Ilmu Sosial (FIS)

H.     Fakultas Psikologi (FPsi)

I.         Fakultas Vokasi (FV)

J.        Fakultas Kedokteran (FK)

Rektor UM saat ini adalah Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., yang mulai menjabat pada 26 Oktober 2022. UM memiliki jumlah anggota fakultas yang cukup besar, dengan 1.180 dosen, termasuk 124 profesor, dan 1.099 staf administrasi. Universitas ini memiliki jumlah mahasiswa yang besar, dengan total 40.235 mahasiswa dan 8.521 mahasiswa baru. Universitas Negeri Malang telah menghasilkan 129.321 lulusan.

 

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Negeri_Malang

 

Sejarah Universitas Negeri Malang

 

UM merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang berkedudukan di Kota Malang dan Kota Blitar Provinsi Jawa Timur.

UM berasal dari :

 

1.   Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Malang yang didirikan pada tanggal 1 September 1954 dengan Surat Putusan Menteri Pendidikan Pengadjaran dan Kebudajaan Republik Indonesia Nomor 33756/Kb tanggal 4 Agustus 1954 yang dibuka dan diresmikan pada tanggal 18 Oktober 1954;

2.   Terhitung mulai tanggal 20 November 1957 menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Malang pada Universitas Airlangga Surabaja dengan Surat Putusan Menteri Pendidikan Pengadjaran dan Kebudajaan Republik Indonesia Nomor 119533/S tanggal 20 November 1957;

3.   Terhitung mulai tanggal 1 Mei 1963 menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang dengan Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 55 Tahun 1963 tanggal 22 Mei 1963; dan

4.   Terhitung mulai tanggal 4 Agustus 1999 menjadi Universitas Negeri Malang dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 1999 tanggal 4 Agustus 1999.

 

Sumber : https://um.ac.id/profil/sejarah/

Dan

Sumber : https://masuk-ptn.com/universitas/universitas-negeri-malang

 

 

Bidang Usaha atau Produk dan Jasa

UM merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang berkedudukan di Kota Malang dan Kota Blitar Provinsi Jawa Timur.

 

Sumber : https://pmm.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/pages/pt/detil/N0FDNTEyNjUtRUNDMi00NEQ3LThGQjItNzE3RDNDRjFBQkM1/VGFDM1hOOFRVTythbTNCQXNuZGVLUT09

Sarana Umum

Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu Perguruan Tinggi besar dengan jumlah dosen 1.083 orang, jumlah pelaksana administrasi 944 orang, dan jumlah mahasiswa 37.268 orang mahasiswa (data statistik Desember 2023). Untuk menunjang aktivitas dari warga UM dalam menjalankan tugasnya sehari-hari di kampus, mutlak diperlukan adanya beberapa fasilitas umum.

 

1.    Asrama Mahasiswa

asrama

Asrama Putri: Wisma Tulip

Asrama Mahasiswa Kampus II (Sawojajar) Asrama Matahari dengan kapasitas 100 orang, serta Asrama Mahasiswa Kampus III (Blitar) Asrama Mawar dengan kapasitas 184 orang. Fasilitas yang tersedia untuk mahasiswa yang tinggal di asrama adalah kamar tidur, mushala, ruang tamu, ruang makan, televisi, wi-fi, dan tempat parkir kendaraan.

 

2.    Wisma Tamu (Guest House)

UM mempunyai 3 buah wisma tamu, terletak di Jl. TGP No. 9 dan TGP No. 11 Malang. Sesuai dengan namanya, wisma ini diperuntukkan bagi para tamu yang berkunjung di UM.

Wisma Tamu yang berada di Jl. TGP No. 9 dan No. 11 menempati area seluas 1.137 m2, luas bangunan 350 m2, dengan jumlah ruang tamu 2 buah, kamar tidur 10 buah yang mampu menampung 20 tamu. Bangunan dan lantai ini dilengkapi berbagai fasilitas yang terdiri atas kamar tidur dan perlengkapannya, telepon, kamar mandi, ruang tamu, ruang makan, dapur, fasilitas TV, kulkas, LCD dan layar proyektor, meja dan kursi rapat.

Prosedur penggunaan wisma tersebut dengan cara mengajukan surat permohonan ke Rektor c.q. Wakil Rektor II dan tembusan ke Direktur Sarana, Prasrana dan Aset, Kepala Sub Direktorat Sarana dan Prasrana, Seksi Rumah Tangga UM.

 

3.    Poliklinik

klinik

Poliklinik

Poliklinik UM dirintis sejak tahun 1969. Poliklinik berlokasi di Jl. Ambarawa di dalam kompleks Kampus I dengan luas 400 m2. Selain untuk memberikan layanan medis bagi warga UM, Poliklinik juga terbuka bagi masyarakat umum, terutama warga di sekitar kampus. Dana operasional Poliklinik sebagian besar berasal dari UM dan sebagian dari pasien.

 

4.     Masjid Al-Hikmah

Masjid Al -Hikmat

Masjid Al-Hikmah

Komplek Masjid Al-Hikmah terletak di Jl. Ambarawa di dalam kampus I UM, dirintis mulai tahun 1960-an, dan resmi berdiri pada tahun 1981 sehingga dapat dipergunakan secara me­madai. Komplek masjid ini menempati areal tanah seluas sekitar 3.000 m2, terdiri atas bangun­an induk masjid dengan luas lantai total 900 m2 (belum termasuk lantai 2), dan perpustakaan 300 m2. Saat ini pengelolaannya langsung dibawah Rektor UM.

 

5.    Sarana Transportasi

kendaraan

Garasi Kendaraan

Untuk menunjang kelancaran kegiatan kedinasan maupun kegiatan sosial bagi warga UM baik itu dosen, tendik maupun mahasiswa, UM menyediakan sejumlah kendaraan dalam berbagai jenis; Hiace Biru (8 tempat duduk), Hiace Putih (11 tempat duduk), Hiace Silver (14 tempat duduk), Inovava Hitam (6 tempat duduk), Inova Abu-abu (6 tempat duduk), Venturer (5 tempat duduk), Fortuner (5 tempat duduk), Rush (5 tempat duduk), Ambulan BRI, Ambulan Biru, Elf Isuzu (14 tempat duduk), Elf Hino (19 tempat duduk), Elf Mitshubishi (19 tempat duduk), Bus Mitshubishi (29 tempat duduk), Bus Isuzu (33 tempat duduk), Camri (3 tempat duduk).

Selama ini kendaraan tersebut telah banyak digunakan untuk pelayanan kegiatan operasional kedinasan seperti kegiatan seminar, lokakarya, workshop, diklat, KKN, study tour, kegiatan olahraga dan kunjungan ke kampus lain, kegiatan sosial, dan keagamaan.

 

6.         Sarana Parkir dan Lalu-lintas Kampus


Parkir

Bagi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan tamu yang membawa kendaraan ke kampus disediakan tempat parkir di beberapa tempat yang tidak dipungut biaya (gratis). Demi keamanan dan ketertiban, disarankan agar pemakai kendaraan tidak memarkir kendaraan mobil, motor, sepeda angin, bus dan kendaraan sejenisnya selain pada tempat yang telah disediakan. Khusus untuk kendaraan bus hanya diperbolehkan parkir di sebelah selatan gedung Graha Cakrawala. Tempat parkir ini dijaga petugas keamanan (Satpam). Sedang­kan bagi mereka yang membawa mobil dan motor tidak diperkenankan memarkir kendaraannya di jalan-jalan area kampus yang dapat berakibat timbulnya kemacetan lalu lintas.

Begitu juga untuk menjaga keamanan, dan ketertiban kampus, jalan masuk ke kampus pengendara kendaraan bisa melalui 4 gerbang, yaitu melalui Jl. Semarang, Jl. Surabaya, Jl. Veteran, dan Jl. Ambarawa, khusus untuk gerbang Jl. Ambarawa hanya diperbolehkan kendaraan roda dua dan sejenisnya.

 

Sumber : https://um.ac.id/akademik/sarana-umum/

 

Nilai Instansi Pendidikan

UM Raih Peringkat 7 Kampus Terbaik Asia di Bidang Pendidikan

rektorat 2

Raih Peringkat ke-7 kampus terbaik Asia, Universitas Negeri Malang (UM) Komitmen pada Pendidikan Inklusif dan Globalisasi

Poor – Prestasi membanggakan kembali dicatatakan Universitas Negeri Malang (UM) sebagai perguruan tinggi yang berhasil meraih peringkat ke-7 universitas terbaik di Asia dalam bidang pendidikan versi Scimago Journal & Country Rank (SJR) per Juni 2024. Pengakuan tersebut menjadi bukti nyata komitmen UM dalam menjaga kualitas akademik sekaligus tantangan untuk terus berinovasi di tengah dinamika pendidikan global.

Sumber : https://um.ac.id/eng/berita/um-raih-peringkat-7-kampus-terbaik-asia-di-bidang-pendidikan/

 

 

 

 
BERYL AISHA MALVA XIJKT2
by BERYL AISHA MALVA XIJKT2 - Thursday, 5 December 2024, 10:40 AM
Anyone in the world

1. Nama Guru

Ahmad Nur Khoir, S.Pd.

2. Masalah yang dihadapi

  • Aspek kerahasiaan

Ahmad Nur Khoir, S.Pd. pernah mendapat kiriman sebuah link tautan dari sesesorang yang tidak dikenal. Awalnya beliau sempat mau membuka link tersebut, tetapi karna dirasa link tersebut mencurigakan beliau dengan sigap langsung memblokir nomer tersebut.

3.Pemecahan masalah

Untuk menjaga keamanan akun WhatsApp, penting untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah dengan menambahkan kode PIN sebagai lapisan perlindungan tambahan. Selain itu, hindari mengklik tautan mencurigakan yang dikirim oleh nomor tidak dikenal. Atur privasi akun Anda dengan membatasi siapa yang dapat melihat foto profil, status, dan last seen. Gunakan jaringan yang aman dan hindari Wi-Fi publik, atau gunakan VPN jika diperlukan untuk melindungi data Anda. Tingkatkan kesadaran tentang ancaman keamanan siber seperti phishing melalui edukasi yang tepat. Jika mencurigai adanya aktivitas tidak biasa pada akun, segera logout dari perangkat tertaut dan laporkan kejadian tersebut ke dukungan resmi WhatsApp. Dengan langkah-langkah ini, akun Anda akan lebih terlindungi dari potensi peretasan.

   

[ Modified: Friday, 6 December 2024, 8:43 AM ]
 
ALIF DAFA NUR ROCHMAN SUWANDI XIJKT2
by ALIF DAFA NUR ROCHMAN SUWANDI XIJKT2 - Thursday, 5 December 2024, 9:32 AM
Anyone in the world

1.Nama Guru

Ferry Dwi Wahyu Priambodo, S.Pd

2. Masalah yang Dihadapi

Ferry Dwi Wahyu Priambodo, S.Pd., menghadapi permasalahan serius setelah saudara beliau mengklik sebuah file undangan dengan ekstensi APK. Akibatnya, data penting, termasuk saldo M-Banking sebesar Rp 7.000.000, berhasil dicuri oleh pelaku. Hal ini termasuk dalam aspek Kerahasiaan

3. Pemecahan Masalah

Untuk menghindari kejadian serupa, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah selalu memeriksa kembali file atau tautan yang dikirimkan oleh seseorang. Pastikan file yang diterima berupa format yang aman, seperti PDF atau Word. Jika file berformat APK, sebaiknya konfirmasi terlebih dahulu kepada pengirimnya. Apabila sudah terlanjur mengunduh dan mengklik file tersebut, jangan panik. Segera ganti password atau PIN akun Anda, cek data yang mungkin sudah bocor, dan laporkan kejadian tersebut kepada pihak berwenang atau pengelola data terkait. Jika yang terkena dampak adalah akun bank, segera hubungi pihak bank untuk menangguhkan akun tersebut. Selanjutnya, aktifkan verifikasi dua langkah untuk perlindungan lebih lanjut dan ganti password secara berkala. Jangan lupa untuk menjaga kerahasiaan data akun Anda dan hindari mengklik tautan atau file mencurigakan meskipun dikirim oleh orang yang Anda kenal.

[ Modified: Friday, 6 December 2024, 8:43 AM ]
 
Anyone in the world

1. Nama Guru

Nur Ita Jannah, S.Pd

2. Kasus yang Dihadapi

Ibu Ita pernah mengalami kasus kebocoran data, di mana ponselnya diretas (di-hack). Akibat kejadian tersebut, uang yang tersimpan di rekening banknya terkuras. Kejadian ini berkaitan erat dengan aspek keamanan "Kerahasiaan (Privacy)," karena informasi pribadi Ibu Ita, termasuk data perbankan yang seharusnya bersifat rahasia, berhasil diakses oleh pihak tidak bertanggung jawab. Pelanggaran terhadap privasi ini menunjukkan betapa pentingnya menjaga kerahasiaan data pribadi, terutama di era digital, agar tidak disalahgunakan oleh pihak lain untuk keuntungan mereka sendiri.

3. Pemecahan Masalahnya

Penyebab:
  1. Kurangnya Proteksi Data
    Salah satu penyebab utama adalah kurangnya proteksi terhadap data. Misalnya, file yang tidak terlindungi atau file bajakan yang tidak kita ketahui berasal dari sumber tidak resmi. File palsu seperti ini sering kali dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, yang dapat menimbulkan risiko atau kerugian yang tidak diinginkan.

  2. Lemahnya Keamanan Kata Sandi
    Penyebab lain adalah kurangnya perlindungan terhadap kata sandi. Penggunaan kata sandi yang lemah atau tidak adanya sistem proteksi yang kuat menjadi celah bagi pihak yang berniat jahat untuk mengakses data pribadi.

  3. Kurangnya Pemahaman Tentang Keamanan
    Banyak individu yang kurang memahami pentingnya sistem enkripsi dan autentikasi. Kurangnya kesadaran ini membuat mereka lebih rentan terhadap risiko kebocoran data atau serangan siber.

Cara Menanggulangi:
  • Tindakan Langsung dari Ibu Ita
    Menurut Ibu Ita, setelah mengalami kerugian akibat peristiwa tersebut, langkah pertama yang ia lakukan adalah melaporkan kejadian itu kepada pihak bank (BCA). Dari sana, ia diberikan arahan untuk:

    • Mengganti email yang terhubung dengan akun bank.
    • Mengganti perangkat (device) yang digunakan.
    • Membuat perbedaan antara kartu yang digunakan untuk keperluan umum dan kartu yang terkait langsung dengan bank.
  • Solusi yang Direkomendasikan dari kita yaitu 
    Untuk mengatasi permasalahan ini secara umum, dapat dilakukan langkah-langkah berikut:

    • Mengimplementasikan kebijakan keamanan data yang komprehensif.
    • Mengadakan pelatihan secara pribadi untuk meningkatkan kesadaran guru, staf, atau pengguna tentang pentingnya keamanan data.
    • Memastikan penggunaan teknologi seperti enkripsi dan autentikasi pada sistem.
    • Membatasi akses data hanya kepada pihak yang berwenang.

Pentingnya Keamanan Data Pribadi

Ibu Ita menekankan bahwa menjaga keamanan data pribadi sangatlah penting, terutama di era digital seperti saat ini. Data yang bersifat penting harus disimpan dengan baik dan aman. Jika data tersebut tersebar, risikonya sangat mengkhawatirkan karena dapat disalahgunakan oleh pihak yang ingin mencuri informasi pribadi kita, sehingga kenyamanan dan privasi kita menjadi terganggu.

   

  

[ Modified: Friday, 6 December 2024, 9:01 AM ]
 
PUTRI FIRA LESTARI XIJKT2
by PUTRI FIRA LESTARI XIJKT2 - Sunday, 28 July 2024, 1:24 PM
Anyone in the world

Kelebihan Dunia Maya

1. Akses Informasi yang Luas

Internet menyediakan akses tak terbatas ke berbagai informasi. Dari artikel ilmiah hingga tutorial video, pengguna dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan mereka dan mempelajari topik baru.

2. Kemudahan Komunikasi

Internet memungkinkan komunikasi instan melalui email, pesan instan, dan media sosial. Orang-orang dapat berhubungan dengan keluarga, teman, dan kolega di seluruh dunia dengan mudah.

3. Peluang Bisnis dan Ekonomi

Internet membuka peluang baru untuk bisnis, seperti e-commerce, pemasaran digital, dan pekerjaan jarak jauh. Perusahaan dapat menjangkau pasar global dan individu dapat menemukan peluang pekerjaan yang fleksibel

4. Edukasi dan Pembelajaran

Banyak platform pendidikan online yang menyediakan kursus dan sertifikasi. Akses ke perpustakaan digital dan sumber daya pendidikan lainnya membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

5. Hiburan Tanpa Batas

Streaming musik, film, dan permainan online menyediakan berbagai opsi hiburan yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Kekurangan Dunia Maya

1. Ancaman Keamanan

Internet membawa risiko keamanan seperti malware, phishing, dan hacking. Data pribadi dan informasi sensitif bisa dicuri atau disalahgunakan.

2. Masalah Privasi

Banyak data pribadi yang dikumpulkan dan dilacak oleh berbagai layanan online. Ini bisa menyebabkan masalah privasi jika data tersebut jatuh ke tangan yang salah.

3. Kecanduan dan Dampak Psikologis

Penggunaan berlebihan media sosial dan permainan online dapat menyebabkan kecanduan, mengganggu kehidupan sehari-hari, dan berdampak negatif pada kesehatan mental

4. Penyebaran Informasi Palsu

Internet memudahkan penyebaran berita palsu dan informasi yang menyesatkan. Ini bisa mempengaruhi pandangan dan keputusan seseorang.

5. Isolasi Sosial

Meskipun internet memfasilitasi komunikasi, penggunaan berlebihan bisa menyebabkan isolasi sosial karena kurangnya interaksi tatap muka.

Kesimpulan

Dunia maya menawarkan banyak peluang dan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan, tetapi juga membawa tantangan dan risiko. Dengan memahami kelebihan dan kekurangan internet, serta menerapkan praktik penggunaan yang bijak, kita dapat memaksimalkan manfaatnya sambil meminimalkan dampak negatifnya. Mari kita beradaptasi dengan era digital ini dengan cara yang aman, efisien, dan bertanggung jawab.

[ Modified: Monday, 29 July 2024, 8:37 AM ]
 
Anyone in the world

Dunia Maya

Dunia maya telah menjadi bagian yang sangat penting di kehidupan saya, dan mungkin juga bagi sebagian besar orang, saya biasanya menghabiskan sebagian besar waktu saya di dunia maya di dalam game yang bernama Dota 2 yang memiliki genre MOBA 5v5 dengan ratusan hero yang berbeda yang memungkinkan untuk melakukan kombinasi hero satu dengan hero yang lain.

Dota 2 Logo - Company Logo Downloads

Menemukan Hal Baru di Dota 2

Selama saya bermain Dota 2 saya menemukan banyak hal baru seperti cara menggunakan item-item nya, belajar cara mekanisme hero-nya, cara membeli item, kombinasi item untuk hero-nya dan lain-lain. Saya juga banyak mempelajari hal baru dari Dota 2 yaitu kebersamaan atau kerja sama yang dilakukan dalam satu tim, dengan kerja sama yang hebat saya bisa memenangkan match atau pertandingan tersebut lebih mudah.

Suka & Duka Bermain Dota 2

Dari bermain Dota 2 tentu saya juga memiliki suka dan duka dari bermain Dota 2 yaitu adalah hal berikut ini:

Suka :

  1. Bekerja Sama : Saya dapat mempelajari bahwa bekerja sama itu sangat penting dan dapat mempengaruhi pertandingan, jika kami gagal untuk melakukan bekerja sama kami akan memiliki probabilitas untuk kalah lebih tinggi.
  2. Bahasa : Dari Dota 2 saya dapat belajar bahasa inggris dikarenakan mayoritas orang orang disana berkomunikasi dengan bahasa inggris, karena itu saya juga mendapatkan banyak ilmu untuk berbahasa inggris.
  3. Komunitas : Komunitas yang ada di Dota 2 sangat banyak yang terpencar di segala macam negara, dari Indonesia sendiri,dari china,amerika,argentina,polandia,russia, dan lain lain. dan komunitas-komunitas itu sangat ramah dan juga dapat membuat saya bisa mempelajari lebih lanjut cara berkomunikasi dengan bahasa inggris(karena bahasa yang digunakan biasanya bahasa inggris).
  4. Skin Hero : Pada game Dota 2 juga terdapat skin yang membuat hero terlihat menjadi lebih menarik dan lebih keren saya memiliki cukup banyak skin dan skin ini adalah favorit saya

Image

Duka :

  1. Tim yang Tidak Kompak : Terkadang saya bertemu dengan tim yang tidak bisa kompak, dan membuat saya kesal karena tidak bisa bermain dengan benar, dan karena hal itu biasanya pertandingannya menjadi kalah yang membuat saya menjadi merasa tidak nyaman bermain.
  2. Membutuhkan Spesifikasi Komputer yang lumayan : Untuk mendapatkan FPS (Frame rate Per Second) yang cukup tinggi atau kelancaran game membutuhkan speisifikasi yang lumayan tinggi agar dapat merasakan sensasi game dengan lebih nikmat dan lebih jernih untuk dilihat (HD).
  3. Memakan Waktu : Dota 2 cukup memakan waktu dikarenakan satu pertandingan All Pick biasanya 40 menit hingga 1 jam lebih dan pertandingan tersebut tidak bisa di-pause atau diberhentikan karena Dota 2 adalah game online, namun ada mode Turbo yang membuat durasi gamenya menjadi lebih singkat, namun tetap cukup memakan waktu karena mode turbo biasanya memakan waktu 20-45 menit.

Berikut adalah pengalaman,suka & duka saya bermain Dota 2

[ Modified: Friday, 26 July 2024, 8:40 AM ]
 
WAHYUADI PUTRA PRAMANA XIJKT2
by WAHYUADI PUTRA PRAMANA XIJKT2 - Friday, 26 July 2024, 7:53 AM
Anyone in the world
Dunia maya dalam konteks game online

 merujuk pada lingkungan digital yang dirancang untuk bermain game melalui internet. Ini adalah ruang virtual tempat pemain dapat berinteraksi dengan game, lingkungan dalam game, dan pemain lain. Berikut adalah beberapa aspek utama dari dunia maya dalam game online:

  1. Lingkungan Virtual
    Dunia maya dalam game online biasanya mencakup peta, level, atau dunia yang dirancang secara digital di mana pemain dapat menjelajah, bertarung, atau berkolaborasi. Contohnya adalah dunia dalam game seperti "World of Warcraft" atau "Fortnite".
  2. Multiplayer
    : Game online memungkinkan banyak pemain dari berbagai lokasi geografis untuk bermain bersama dalam satu sesi permainan. Ini menciptakan pengalaman bermain yang sosial dan kolaboratif.
  3. Interaksi Sosial
    : Pemain dapat berkomunikasi melalui teks, suara, atau video dalam game. Banyak game online memiliki fitur seperti guild, klan, atau tim di mana pemain dapat bergabung dan berinteraksi lebih dekat.
  4. Ekonomi dalam Game
    : Beberapa dunia maya dalam game online memiliki ekonomi virtual di mana pemain dapat membeli, menjual, atau berdagang item dalam game menggunakan mata uang dalam game atau bahkan uang nyata.
  5. Avatar dan Karakter
    : Pemain biasanya memiliki avatar atau karakter yang mewakili mereka dalam dunia maya. Pemain dapat memodifikasi atau meningkatkan karakter ini seiring berjalannya permainan.
  6. Komunitas dan Forum
     : Selain berinteraksi dalam game, banyak game online memiliki komunitas aktif di luar game, seperti forum, grup media sosial, dan platform streaming di mana pemain dapat berbagi tips, strategi, dan pengalaman.
  7. Event dan Update
    : Pengembang game seringkali menyelenggarakan event khusus dalam game dan merilis pembaruan atau konten baru untuk menjaga dunia maya tetap dinamis dan menarik bagi pemain.
  8. Realitas Virtual (VR)
    : Beberapa game online menggunakan teknologi VR untuk menciptakan pengalaman yang lebih immersive, memungkinkan pemain merasa seolah-olah mereka benar-benar berada dalam dunia game.

Contoh populer dari dunia maya dalam game online termasuk "Mobile legend" "AOV" "crisis action" "clash of clans". Dunia maya ini menawarkan berbagai pengalaman yang dapat dinikmati oleh berbagai jenis pemain, dari petualangan epik.

Terutama dengan game "Mobile legend"

Mobile legend adalah game yang saya mainkan dari saya kecil, saya sekarang sering memainkan game mobile legend adalah game yang menemani saya dari tahun ke tahun, dan sempat berhenti main dikarenakan device yang tidak mendukung

[ Modified: Thursday, 1 August 2024, 7:28 AM ]
 
KARINA XIJKT2
by KARINA XIJKT2 - Friday, 26 July 2024, 7:16 AM
Anyone in the world

Saya takut dengan jejak digital, karena dari dulu sampai sekarang saya suka upload foto dan video di sosmed, saya tidak bisa menghapus foto dan video saya di akun saya yang lama, karena saya lupa password nya.

Di dunia maya kita harus selalu berhati hati, karena di dunia maya orang' yang kalian kenal maupun yang tidak kalian kenal bisa mengambil foto dan video kalian tanpa izin, setelah itu mereka bisa saja mengedit foto dan video kalian menjadi aneh' (porno).

Saya pernah mengalami hal yang tidak mengenakkan saat bermain sosmed, contoh nya waktu itu saya di spam nomor tidak di kenal, dan dia juga mengirimkan foto dan video porno ke saya.

Pendapat saya tentang dunia maya yaitu kurang baik untuk anak di bawah umur, apalagi yang tidak dalam pengawasan orang tua, harus selalu waspada dengan dunia maya dan selalu gunakan media sosial dengan baik agar tidak terjerumus ke hal-hal yang tidak baik.

 
Anyone in the world

(WHAT) Apa Sih Cyber Internet atau Dunia Maya ?

Dunia maya (atau disebut juga Ruang Siber atau mayantara, Bahasa Inggris” (cyberspace) adalah media Elektronik dalam Jaringan Komputer yang banyak dipakai untuk keperluan komunikasi satu arah maupun timbal-balik secara Daring (dalam aspek jaringan atau terhubung langsung). Dunia maya merupakan integrasi dari berbagai peralatan Teknologi Komunikasi dan Jaringan Komputer (sensor, tranduser, koneksi, transmisi, prosesor, signal, pengendalian) yang dapat menghubungkan peralatan komunikasi (komputer, telepon genggam, instrumentasi elektronik, dan lain-lain) yang tersebar di seluruh penjuru dunia secara interaktif.

(WHO) Siapa saja yang terlibat dalam Cyber Internet atau Dunia Maya ?

Kegiatan dalam Cyber Internet atau Dunia Maya berpengaruh pada perilaku Pengguna (User atau NPC) yang menggunakan Perangkat Elektronik. Perilaku tersebut bisa menimbulkan Hasil yang berbeda – beda seperti saat Anda memainkan video game pemain tunggal, karakter Anda adalah karakter utama (atau karakter yang dapat dimainkan).

Sedangkan ada Karakter lain yang berinteraksi dengan Anda dalam game biasanya adalah karakter yang tidak dapat dimainkan, atau NPC. Mereka biasanya hanya mengulangi kalimat-kalimat terekam dari sebuah naskah, dan mereka biasanya tidak agresif atau mampu melawan.

(Where) Dimana saja Cyber Internet atau Dunia Maya berinteraksi ?

Cyber Internet atau Dunia Maya Sangat bisa Diakses dari mana saja, Namun memiliki hambatan tertentu salah satunya Internet (lakuran bahasa Inggris dari interconnected network, arti harfiah : "Jaringan yang saling berhubungan") adalah Sistem Jaringan Komputer yang saling terhubung secara Global dengan menggunakan paket Protokol Internet (TCP/IP) untuk menghubungkan Perangkat di seluruh dunia. Ini adalah Jaringan dari jaringan yang terdiri dari Jaringan Privat, Publik, Akademik, Bisnis, dan Pemerintah Lokal ke Lingkup Global, dihubungkan oleh beragam Teknologi Elektronik, Nirkabel, dan Jaringan Optik.

Internet Hacker 1

(When) Kapan sih Cyber Internet atau Dunia Maya berinteraksi ?

Cyber Internet atau Dunia Maya dapat dilaksanakan Bebas tergantung oleh Pengguna yang menggunakan Perangkat Elektronik. Banyak Pengguna Cyber Internet atau Dunia Maya di Indonesia menghabiskan waktu sekitar 8 jam 36 menit dalam penggunaan internet. Bahkan menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengumumkan jumlah pengguna internet Indonesia tahun 2024 mencapai 221.563.479 jiwa dari total populasi 278.696.200 jiwa penduduk Indonesia tahun 2023.

(Why) Kenapa Cyber Internet atau Dunia Maya bisa terbatasi ?

Cyber Internet atau Dunia Maya bisa menjadi batas yang berasal dari Pengguna Cyber Internet sendiri dengan memilih untuk menyesuaikan Kebutuhan melalui Beberapa Aplikasi dan Sistem Program yang dibutuhkan. Bahkan pelaku industri dan bisnis mulai menganggap keamanan siber sebagai bagian integral dari manajemen risiko dan mulai meningkatkan investasi untuk mencegah ancaman dan sebagai langkah-langkah dalam memperkuat sistem keamanan, khususnya dalam strategi mendeteksi ancaman dan respons lanjutan setelah serangan siber. Namun, meskipun kesadaran akan keamanan siber meningkat, hal ini belum tersebar luas di seluruh sektor bisnis dan industri.

Gambar HACKER FF

(How) Bagaimana Cyber Internet atau Dunia Maya bisa Berinteraksi bahkan menjadi Kejahatan ?

Cyber Internet atau Dunia Maya dalam kehidupan sehari-hari kita, pastinya tidak dapat dipisahkan lagi dari Dunia Digital dan Internet. Hal tersebut dikarenakan penggunaan media sosial dan internet yang sangat memudahkan kegiatan kita dalam segala aspek. Akan tetapi disamping penggunaan media sosial yang sangat bermanfaat, ada dampak negatif yaitu Cyber Crime. Cyber Crime adalah suatu tindakan kejahatan yang berkaitan dengan komputer maupun Perangkat Jaringan, biasanya kejahatan ini dilakukan secara online. bahkan kejahatan Cyber ini bisa menargetkan siapa saja, Jika kalian menjadi salah satu korbannya, tentu akan mengakibatkan banyak merugikan. Bahkan berpengaruh pada kondisi mental hingga kerugian secara finansial. Yang pastinya Serangan Cyber Crime bertujuan untuk merusak atau mendapatkan kontrol atau akses ke dokumen dan sistem penting dalam jaringan komputer bisnis atau pribadi.

Apa saja jenis serangan dan ancaman cyber?

  • Malware

Malware

Malware, atau program jahat, disamarkan sebagai program atau lampiran email tepercaya (yaitu dokumen terenkripsi atau folder file) untuk menyebar virus dan memungkinkan peretas masuk ke jaringan komputer. Jenis serangan cyber ini sering kali mengganggu seluruh jaringan TI. Beberapa contoh program jahat adalah trojan, spyware, worm, virus, dan adware.

  • Scripting lintas situs (XSS)

    Scripting lintas situs

Scripting lintas situs (XSS) terjadi ketika penjahat cyber mengirimkan tautan situs web yang “diinjeksi dengan script” atau berisi spam ke kotak masuk Anda, yang ketika dibuka akan mengirimkan informasi pribadi ke penjahat tersebut.

  • Ransomware

Ransomware

Ransomware adalah sejenis program jahat, atau malware, yang mengancam korban dengan menghancurkan atau memblokir akses ke data atau sistem penting hingga tebusan dibayar.

[ Modified: Friday, 26 July 2024, 8:42 AM ]
 
by ANDI TRI PRASETYO XIJKT2 - Thursday, 25 July 2024, 8:59 AM
Anyone in the world

Dunia maya, atau cyberspace, mengacu pada lingkungan virtual yang dihasilkan oleh jaringan komputer, di mana berbagai informasi, komunikasi, dan aktivitas interaktif terjadi. Di dalam dunia maya, pengguna dapat mengakses internet, berkomunikasi melalui media sosial, mengelola bisnis online, dan banyak lagi, semuanya melalui perangkat digital.

Cyberspace juga menyatukan setiap layanan dan fasilitas yang dapat dibayangkan untuk mempercepat pencucian uang. Seseorang dapat membeli kartu kredit anonim, rekening bank, telepon seluler global terenkripsi, dan paspor palsu. Dari sana seseorang dapat membayar penasihat profesional untuk mendirikan IBC (Perusahaan Bisnis Internasional, atau perusahaan dengan kepemilikan anonim) atau struktur serupa di OFC (Pusat Keuangan Lepas Pantai). Penasihat seperti itu enggan mengajukan pertanyaan mendalam tentang kekayaan dan aktivitas klien mereka, karena biaya rata-rata yang dibayarkan penjahat untuk mencuci uang mereka bisa mencapai 20 persen.

Dunia Maya dapat digunakan sebagai pengalaman sosial, individu dapat berinteraksi, bertukar pikiran, berbagi informasi, memberikan dukungan sosial, melakukan bisnis, tindakan langsung, membuat media artistik, bermain game, terlibat dalam diskusi politik, dan sebagainya.

Selain itu, dunia maya mencakup berbagai platform dan aplikasi, seperti media sosial, situs web, forum, blog, dan layanan streaming, yang semuanya memberikan berbagai bentuk konten dan layanan kepada pengguna. Keamanan dan privasi juga menjadi perhatian utama di dunia maya, mengingat adanya ancaman seperti malware, peretasan, dan pencurian identitas.

[ Modified: Sunday, 15 December 2024, 8:03 PM ]